Diluncurkan, Program Kredit Tablet untuk Guru

Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Sulistiyo
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) bekerjasama dengan PT Astra Multi Finance (Spektra) dan Intel luncurkan program kredit gadget tertentu untuk para guru. Program khusus anggota PGRI ini diberi nama  PIRANDU GURU (Piranti Edukasi untuk Guru).

Dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews, Minggu 14 September 2014, Ketua Umum PB PGRI, Sulistiyo, mengatakan, program ini memudahkan anggota PGRI memperoleh komputer dan tablet khusus dengan harga terjangkau, skema pembiayaan ringan dan prosesnya mudah, langsung disetujui.

"Itulah sebabnya kami bekerjasama dengan Spektra dan Intel," ujarnya.

Menurutnya, sebagai organisasi profesi guru di Indonesia, PGRI ingin memberikan manfaat bagi anggotanya dengan menyediakan akses berupa produk teknologi terbaru sebagai alat bantu utama untuk menuju pembelajaran abad 21 yang saat ini menjadi standar dunia. Karena itu para guru membutuhkan perangkat teknologi terbaru untuk proses belajar mengajar.

"Kami berharap anggota PGRI bisa meningkatkan profesionalisme mereka dan menguasai pengetahuan dan kemampuan TIK dan lebih lanjut bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," kata Sulistiyo.

Selain program pembiayaan gadget terjangkau, Intel akan mengadakan seminar dan workshop di 61 kota di Indonesia dengan konten Intel Teacher Professional Development yang menargetkan guru sekolah K-12.

Sulistiyo mengakui bahwa 90 persen dari anggota PGRI atau sekitar 3 juta anggota merupakan guru K-12 yang perlu dikembangkan profesionalitas pengajarannya. Melalui program pelatihan tersebut diharapkan, pengembangan guru profesional dan penguasaan dasar kemampuan dan pengetahuan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) dapat terwujud.

Presiden Direktur PT Astra Multi Finance (Spektra), Darwan Tirtayasa, berharap program pembiayaan ini membuat para guru anggota PGRI semakin mudah diakses dan terjangkau untuk  di seluruh Indonesia.

"Dan lebih lanjut akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," ungkapnya.

Pilihan Tablet 

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pilihan jenis komputer dan tablet yang disediakan antara lain merek Acer, Asus, Lenovo, dan SpeedUp sebagai mitra penyedia perangkat keras. Sedangkan untuk sistem operasi didukung oleh Microsoft sebagai mitra perangkat lunak.

Paket komputer tersebut akan mendapatkan bonus konten pembelajaran Pesona Edukasi (PesonaEdu) untuk SD, SMP dan SMA mata pelajaran Matematika dan Sains. Mereka juga akan mendapat dukungan Internet Akses (wired dan wireless) Telkom Speedy.

"Ini merupakan program khusus dari Spektra, karena anggota PGRI akan mendapat tiga keuntungan utama yaitu bunga ringan khusus dan dapat dicicil hingga 24 bulan, langsung disetujui, dan bonus software pendidikan dari Pesona Edu," jelas Darwan.

Sementara itu, Marketing Direktur Intel Indonesia, Corporation, Hermawan Sutanto mengatakan, Intel memiliki komitmen untuk membantu Indonesia meningkatkan daya saing dengan memperluas akses teknologi komputasi terutama untuk guru-guru di Indonesia.

"Ini merupakan komitmen jangka panjang kami untuk membantu teknologi terbaru Intel lebih mudah di akses dan terjangkau di seluruh Indonesia," kata Hermawan.

Intel telah bekerjasama dengan pemerintah, institusi pendidikan dan pihak swasta untuk membantu mendorong adopsi teknologi, mengintegrasikan teknologi ke dalam pendidikan, dan membuat teknologi lebih mudah diakses dan terjangkau untuk seluruh rakyat Indonesia.

Hermawan menambahkan, akan digelar juga seminar dan Workshop dengan menggunakan modul pembelajaran khusus. Untuk di Indonesia terdapat dua modul Teacher Proffessional Development yaitu Teach Essential dan Getting Started yang merupakan modul yang pertama kali akan disebarkan.

Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024