Menkominfo: 2018, Smartphone 4G Cuma Rp400 Ribuan

Pabrik Haier untuk produksi Andromax Smartfren
Sumber :
  • VIVA.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, meyakini smartphone 4G Long Term Evolution (LTE) dalam tiga hingga empat tahun mendatang harganya hanya Rp400 ribuan.

"Daya beli masyarakat sekarang sudah meningkat sehingga ponsel 4G akan semakin terjangkau," ujar Rudiantara di Kementerian Kominfo, usai melantik 9 anggota baru Komite Regulasi Telekomunikasi - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (KRT-BRTI), di Jakarta, Jumat, 22 Mei 2015.

Ia pun menyamakan kondisi ponsel 4G ini dengan situasi pasar ponsel 3G dua tahun lalu. Saat itu, peminat ponsel 3G cukup tinggi, sehingga harga ponsel tersebut dapat dijangkau.

"Itu makanya dengan adanya TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dapat menurunkan harga ponsel 4G, supaya lebih terjangkau," kata dia.

Menteri Rudiantara berupaya untuk menerbitkan aturan TKDN dalam bentuk peraturan menteri. Aturan ini dikabarkan akan resmi meluncur akhir bulan ini.

Peraturan TKDN tersebut kemungkinan besar akan mewajibkan tingkat kandungan lokal dalam negeri sebanyak 40 persen. Namun, besaran ini belum final, karena sangat bergantung pada pembicaraan lebih lanjut dengan industri serta melihat kemampuan produsen dalam negeri.

Sebelumnya, menkominfo mengatakan, uji publik mengenai TKDN ini telah dilakukan. Sementara ini, komposisinya 30 persen network dan 20 subscriber station.

Pemerintah Nilai Industri Otomotif RI Semakin Ideal

Nanti per Januari 2017 meningkat menjadi 40 persen network dan 30 persen subscriber station. Ini artinya, masih ada waktu sekitar satu setengah tahun lagi bagi produsen smartphone 4G untuk mempersiapkan infrastruktur yang mendukung produksi nasional. (art)

Menkominfo Rudiantara

Reshuffle Tak Pengaruhi Aturan TKDN

Tahun depan tingkat komponen lokal menjadi 30 persen.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016