Waspada Tantangan Online yang Membahayakan Nyawa

Tantangan WWF yang diduga palsu
Sumber :
  • Mirror.co.uk
VIVA.co.id
Daftar Tiga Desa Jadi Percobaan Internet Terpadu
- Sebuah tantangan mengatasnamakan badan lingkungan PBB, WWF, telah menarik perhatian pengguna internet. Padahal, tantangan tersebut palsu dan berpotensi menimbulkan kematian bagi yang melakukannya.

Smartfren Hadirkan Modem Berkecepatan 150 Mbps

Aksi ini disebut sebagai #PlasticBagChallenge, atau tantangan menggunakan kantong plastik. Dalam tantangan itu, pengguna internet diminta untuk memasukkan kepala ke dalam kantong plastik, menutupnya, lalu bernapas selama lebih dari lima menit. Inilah yang dianggap sebagian orang tidak logis, karena sama saja bunuh diri.
Tips Bagi Orangtua Jika Anak Gemar Bermain Internet


Dalam tantangan palsu yang beredar di dunia maya itu dikatakan, jika setiap menit waktu mereka bertahan untuk bisa bernapas di dalam plastik, akan dihargai sekitar Rp50 ribu yang akan didonasikan oleh WWF.


Tentu saja, tidak semua pengguna internet percaya dengan ajakan WWF palsu ini. Beberapa di antaranya memposting bahwa aksi ini sangat mematikan.


"Ini tidak menyenangkan. Kita bisa menderita penyakit pernapasan asphyxiation. Bisa juga langsung mati, atau perlahan meninggal karena kerusakan otak," ujar salah satu pemosting di Twitter, seperti dikutip
Mirror.co.uk
, Senin, 8 Juni 2015.




Meskipun tawaran tantangan ini palsu, poster dan iklan terkait dengan #PlasticBagChallenge ini beredar cukup luas. Bahkan, iklannya terdiri dari berbagai versi. Inilah yang membuat sebagian pengguna internet percaya akan keaslian tantangan ini.


Sebuah gambar iklan #PlasticBagChallenge mencatut nama artis Holywood Angelina Jolie. Dalam iklan itu, wajah Jolie ditutupi kantong plastik.


Tantangan ini rupanya terinspirasi dari Ice Bucket Challenge yang viral hampir ke seluruh dunia. Sejak tantangan itu dinyatakan sukses, banyak orang mulai menginisiasi tantangan-tantangan lain tanpa mempedulikan keselamatan orang yang melakukannya.


Sebelumnya, ada juga tantangan yang mengharuskan pengguna internet menenggak obat paracetamol. Lalu, ada #KylieJennerChallenge yang menantang gadis remaja membesarkan bibirnya, mirip Kylie Jenner, dengan cara memasukkan bibir ke dalam gelas, atau botol. Tantangan ini terbukti membuat banyak gadis remaja terluka parah. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya