Solusi Google Maps Pantau Kemacetan Jalur Mudik

Info kemacetan lalu lintas di Google Maps
Sumber :
  • Google Maps

VIVA.co.id - Google meningkatkan fitur pada Google Maps. Kini, pengguna aplikasi pemetan Google tersebut bisa menemukan informasi lalu lintas real time di puluhan kota di Indonesia. Tak hanya itu saja, Google Maps kini juga bisa memberikan informasi real time kecelakaan.

Dalam keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Rabu 1 Juli 2015, mulai hari ini, pengguna di 19 kota di Indonesia akan mendapatkan informasi kemacetan secara real time melalui Google Maps di ponsel dan desktop.

Kota yang dimaksud, yaitu Surabaya, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Batam, Pekanbaru, Bogor, Bandar Lampung, Padang, Denpasar, Malang, Samarinda, Tasikmalaya, Yogyakarta, Surakarta, Banda Aceh, Pekanbaru, dan Jambi.

"Dengan tambahan ini, informasi kemacetan secara real time yang bisa diakses di Google Maps di ponsel dan desktop resmi menjadi 23 kota di seluruh Indonesia," kata Suren Ruhela, Director, Program Management, Google.

Setelah pengguna mengaktifkan layer “Traffic” di Google Maps, maka pengguna akan mulai melihat rute yang dipilih diisi dengan warna yang berbeda, yang menandakan perbedaan kecepatan yang disebabkan oleh kemacetan. Hijau berarti lancar, oranye menandakan kemacetan ringan, dan merah berarti kemacetan yang lebih padat.

Selain dari informasi kemacetan, Google Maps juga akan memberikan informasi real time mengenai kecelakaan, perbaikan jalan, dan penutupan jalan. Jika ada insiden yang terjadi ketika pengguna berada di jalan, Google Maps akan menggunakan informasi tersebut untuk memberikan rute alternatif, termasuk penjelasan mengapa rute tersebut disarankan, agar pengguna bisa sampai ke tujuan dengan lebih cepat dan terhindar dari kemacetan.

“Tujuan kami adalah untuk terus membuat Google Maps menjadi perangkat yang komprehensif dan mudah digunakan bagi pengguna di Indonesia, dan kami berharap informasi kemacetan real time di 19 kota ini akan membantu pengendara di kota-kota seluruh Indonesia menemukan rute tercepat ke tujuan mereka,” kata Ruhela.

Kini Ada Fitur Ride Sharing di Google Maps

Peluncuran informasi kemacetan hari ini di 19 kota adalah bagian dari inisiatif Google untuk membuat Google Maps lebih berguna bagi pengguna di Indonesia. Tahun lalu, Google memperkenalkan fitur gambar Street View untuk Jakarta, Bogor, Denpasar, Surabaya, dan Taman Nasional Komodo. (asp)

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta

Politikus PKS: Google Ingin Kaburkan Teritori Palestina

Dia menduga penghapusan Palestina di Google Maps adalah ulah Israel.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016