Iran Batasi Siaran TV dan Telekomunikasi

VIVAnews - Untuk membatasi akses berita dari luar negri terkait hasil pemilihan umum setempat, Tehran terpaksa "kucing-kucingan" dengan para pengguna internet di daratan Iran. Pemerintah Iran enggan pemilihan umum (pemilu) yang diselenggarakannya tersorot oleh kantor berita internasional.

Menurut Peter Horrocks, direktur BBC World Service, seperti dilansir Guardian, yand dikutip VIVAnews, 16 Juni 2009, Iran tak hanya memblokir BBC Persian TV, tetapi semua stasiun TV yang berdomisili di Timur Tengah dan Eropa.

"Penyiaran kami dibatasi karena dianggap berpotensi mengintervensi pemilu di sana (Iran). Menurut saya, intervensi kami tak melebihi batas jika sekadar melaporkan hasil pemilu," ujar Horrocks.

"Membatasi ruang gerak media dengan memblokir siaran sudah kelewatan dan menyalahi pakta internasional terkait komunikasi satelit," tandasnya.

Sementara itu, Richard Sambrook, direktur BBC Global News, mengkhawatirkan adanya keterbatasan ruang gerak para operator satelit yang terpaksa menyia-nyiakan beritanya. Tak hanya itu, dampaknya dinilai cukup luas terlebih untuk kepentingan komersial.

Perlu diketahui, pemerintah Iran kabarnya juga telah mematikan sejumlah jaringan telekomunikasi selular di negaranya. Namun demikian, sebetulnya akses internet relatif lebih sulit diblokir di beberapa negara. 

"Akan tetapi, di sejumlah negara termasuk China dan Iran, pemerintah memegang kontrol penuh terhadap infrastruktur. Sehingga mereka bisa leluasa mematikan channel ke luar negri kapanpun mereka mau," papar Sambrook.

So Sweet! Ngaku Cinta Sejati, Onad dan Beby Sepakat Gak Nikah Lagi Kalau Salah Satu Meninggal
Presiden Iran, Ebrahim Raisi

4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

Iran telah melakukan serangan balasan terhadap Israel yang sudah melakukan serangan terhadap konsulat Iran di Damaskus pada 1 April 2024 lalu yang menewaskan banyak orang

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024