Ini Aplikasi Aman Rekomendasi Edward Snowden

Aplikasi Signal
Sumber :
  • www.whispersystems.org

VIVA.co.id - Layanan komunikasi digital yang aman dan melindungi privasi sudah menjadi kebutuhan pengguna. Jika Anda ingin mencari platform komunikasi digital yang aman, bisa memakai aplikasi Signal.

Pesan Misterius Edward Snowden: Ini Waktunya

Aplikasi tersebut direkomendasikan oleh sang pembocor rahasia pemerintah AS, Edward Snowden.

Dalam tweet-nya di akun Twitternya, Snowden merekomendasikan Signal untuk komunikasi aman bagi pengguna.

"Saya memakai Signal setiap hari," tulis Snowden dalam akun @Snowden.

Rekomendasi Snowden itu bukan sembarangan tentunya. Dikutip dari NBC News, Selasa 3 November 2015, Signal merupakan aplikasi yang menggabungkan fungsi TextSecure dan Redphone yang mana keduanya dihasilkan oleh Open Whisper System.

TextSecure memungkinkan pengguna bisa mengirim pesan secara bebas dan privat dengan pengguna lain yang menggunakan aplikasi yang sama. Sementara itu, Redphone mengamankan hal yang sama pada panggilan telepon saat komunikasi dengan pengguna lain.

Kedua layanan aman dan privat pesan serta panggilan itu kini tersedia dalam aplikasi Signal.

Dituliskan untuk menggunakan aplikasi Signal terbilang mudah. Pengguna tak perlu masuk dengan username atau password. Pada platform komunikasi digital ini juga bersih dari iklan dan sesuatu lain yang biasanya mengganggu kenyamanan pengguna.

Begitu pengguna mengunduhnya, maka pengguna langsung bisa berkomunikasi secara aman dengan teman atau kerabat di dalam daftar kontak yang menggunakan Signal.

NBC News menyebutkan secara kerja, Signal sama sama dengan aplikasi populer seperti WhatsApp dan iMessage, yang mana menawarkan enkripsi end to end. Namun Signal lebih "kuat" karena mendapatkan rekomendasi dan "restu" dari buronan penting pemerintah AS, Snowden.

Aplikasi Signal telah tersedia di sistem operasi iOS sejak awal tahun ini dan telah muncul di Android awal pekan ini.

Apple Serahkan US$50 Miliar ke Pengembang Aplikasi
Ilustrasi penyadapan.

Thailand Siap Awasi Turis Asing via Ponsel

Skema pengawasan kemungkinan berlaku dalam satu semester lagi.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016