Mozilla Tak Butuh Google Lagi

Mozilla Firefox.
Sumber :
  • google.com

VIVA.co.id - Mozilla menyatakan selamat tinggal kepada Google. Perusahaan pemilik browser Firefox itu menyatakan tak akan tergantung dengan Google untuk mendapatkan uang.

Sebagaimana diketahui, selama ini Google akan membayar Mozilla untuk setiap akses trafik internet melalui browser Mozilla.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh

Dikutip dari TechSpot, Jumat 27 November 2015, memang selama bertahun-tahun, Mozilla mendapatkan uang dengan kerja sama sponsor dengan Google. Jadi Mozilla membuat mesin pencarian secara default Firefox untuk Google dan Google membayar kepada Mozilla atas setiap akses internet yang masuk melalui Firefox.

Tahun lalu, Mozilla memutuskan kesepakatan dengan Google berakhir, sebab pertimbangannya dalam kerja sama itu Mozilla merasa tidak beruntung. Sebab begitu mengetik pencarian di Firefox, maka akan muncul AdSense dari Google dan Yahoo. Dari situlah mereka perusahaan internet itu mendapatkan pundi-pundi uangnya.

Setelah mengakhiri kesepakatan dengan Google pada tahun lalu, Mozilla akhirnya mendapatkan alternatif pundi-pundi pendapatan berbasis regional yaitu dari Yahoo di Amerika Serikat, Baidu di China, dan Yandex di Rusia.

Laman Cnet, menuliskan Kepala Legal dan Bisnis Mozilla, Denelle Dixon-Thayer menyebutkan kini perusahaannya tak mendapatkan pendapatan dari Google meskipun perusahaan internet raksasa itu telah mengembangkan mesin pencarian khusus bagi pengguna Firefox di Eropa.

"Kami tidak punya hubungan komersial dengan Google pada titik ini," kata Dixon-Thayer dalam akun Twitternya.

Dia menyebutkan dengan meninggalkan Google, Mozilla mengaku beralih ke kerja sama yang memfokuskan pada fleksibilitas. Skema ini bagi Mozilla lebih berpeluang dan makin kompetitif bagi perusahaan.

Mozilla mengatakan makin kompetitif berarti perusahaan memberikan pengguna banyak pilihan saat mereka mengakses informasi dan layanan online.

TechSpot
menuliskan laporan keuangan 2014 perusahaan yang menunjukkan hanya peningkatan kecil. Laporan menunjukkan 90 persen pendapatan Mozilla itu didapatkand ari Google dan Yahoo.

Laporan 2014 menunjukkan Mozilla Foundation dan anak perusahaanya mencetak pendapatan US$311 juta pada 2012, kemudian US$314 pada 2013. Sementara pada 2014, jumlah pendapatan mereka hanya naik 5 persen saja menjadi US$328 juta.

Dengan melepas ketergantungan dari Google, juga akan mempersulit bagi perusahaan raksasa Google untuk menyalahgunakan posisi Mozilla untuk kepentingan curang. Misalnya menempatkan hasil pencarian yang menguntungkan bagi Google dan memblokir akses ke konten saingan Google.

Google dan Mozilla memang sering bersekutu untuk membuat layanan bersama. Misalnya kedua perusahaan membuat website mereka jadi lebih bagus untuk aktivitas e-commerce, blogging, jejaring sosial, penerbitan berita dan komunikasi.

Riwayat Blunder Google, Hapus Palestina Sampai Area India
Peta Palestina dihilangkan di Google Maps.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps

Google tak pernah menuliskan Palestina di Maps.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016