Daftar Negara dengan Internet Terbaik dan Terburuk di Dunia

ilustrasi broadband internet
Sumber :
  • itpro.co,uk

VIVA.co.id - International Telecommunication Union (ITU) merilis peringkat negara dengan koneksi internet ratusan negara di dunia.

Studi terbaru ITU ini mengukur koneksi internet dengan melihat seberapa cepat kecepatan internet yang dimiliki sebuah negara dan berapa persen orang yang menggunakan akses koneksi internet.

Dikutip dari Tech Radar, Kamis 3 Desember 2015, studi ITU tentang internet itu pada 2015 ini juga menggambarkan bagaimana perkembangan koneksi internet di sebuah negara selama lima tahun terakhir. Studi sejenis yang dilakukan  ITU sebelumnya yakni pada 2010.

Peringkat koneksi internet ini juga dilengkapi dengan indeks pembangunan informasi teknologi dan komunikasi (IDI), yang mana berbasis kecepatan internet, jumlah pelanggan internet kabel dan persentase rumah tangga yang punya komputer.

Hasilnya pada posisi puncak diraih oleh Korea Selatan dengan skor IDI yaitu 8,93.

Negeri Ginseng ini mempertahankan posisi puncaknya seperti pada studi 2010. Lima tahun lalu skor IDI Korea selatan yaitu 8,64.

Peringkat kedua diraih oleh Denmark dengan skor IDI 8,88. Peringkat Denmark ini naik dua peringkat dari posisi 4 pada studi 2010.

Posisi Denmark dibayang-bayangi oleh Islandia yang masih pada posisi ketiga dengan skor IDI 8,86. Posisi Islandia tak berubah seperti pada studi 2010. Selanjutnya di peringkat keempat diduduki Inggris dengan skor IDI 8,75.

Pencapaian Inggris terbilang bagus, sebab pada studi 2010, peringkat Negeri Ratu Elizabenth itu ada di posisi 10.

Peringkat kelima diraih Swedia dengan skor ISI 8,67. Posisi Swedia melorot dari posisi kedua pada studi 2010.

Smartfren Hadirkan Modem Berkecepatan 150 Mbps

Peringkat Indonesia

Posisi Indonesia ada di papan tengah, dengan menduduki peringkat 108 dari 167 negara yang terdaftar. Indonesia menduduki peringkat tersebut dengan skor IDI 3,94. Posisi Indonesia naik satu peringkat dari peringkat 109 pada studi 2010 dengan skor IDI 3,11.

Sementara negara besar lain justru punya peringkat koneksi internet tak bagus. Misalnya Australia menduduki peringkat ke-13 dengan skor IDI 8,29 dan Amerika Serikat ada dua posisi di bawah Australia yaitu peringkat ke-15 dengan skor IDI 8,19.

Dalam peringkat tersebut negara yang menduduki posisi paling buncit yaitu Chad dengan skor ISI 1,17. Di atas Chad yaitu Malawi, Madagascar, Ethiopia dan Eritrea.

Laporan ITU menunjukkan, dari 23 peringkat terbawah negara koneksi internet buruk diduduki negara di kawasan sub sahara Afrika.


Peringkat internet megara dunia

Tren 4K, Lalu Lintas Internet Bakal Disesaki Video
Danny Januar

Daftar Tiga Desa Jadi Percobaan Internet Terpadu

Tiga desa itu akan dikawal oleh startup

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016