Mengenal Allo dan Duo, Aplikasi Pesan Instan Baru Google

Tampilan messeging Allo besutan Google
Sumber :
  • www.theverge.com

VIVA.co.id – Google mengenalkan aplikasi messeging baru, Allo dan Duo. Perkenalan ini berlangsung dalam temu pengembang tahunan Google I/O di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus, Kok Bisa?

Google mengatakan Allo merupakan aplikasi messeging yang khusus untuk perangkat mobile saja, dengan demikian aplikasi ini bukan untuk menggantikan aplikasi messeging Google sebelumnya, Hangouts.

Googl mengataan Allo hadir dengan tampilan yang sangat segar dan baru. Antarmukanya bersih dan mudah utuk dipahami penggunanya. Beberapa fitur dan inovasi yang ada pada Allo dikatakan juga mirip pada aplikasi populer WhatsApp dan Messenger.

BlackBerry Messenger Bisa di Desktop, Begini Caranya

"Ini benar-benar membebaskan mulai dari awal," jelas Erik Kay, Direktur Teknisi dan Produk Komunikasi Google, yang dikutip dari The Verge, Kamis 19 Mei 2016.

Untuk menggunakan Allo, pengguna pertama kali masuk dengan nomor ponsel dan bisa terhubung dengan akun Google serta bisa menikmati berbagai fitur seperti indikator pengiriman, emotikon dan stiker yang dikustomisasi.

Google Rilis Fitur Cari Lowongan Kerja

Saat pengguna mengirimkan foto, maka Allo akan menunjukkan pengguna bisa mencoret-coret foto tersebut dengan tampilan warna, jika menginginkannya.

Kemudian untuk tampilan teks yang dikirim juga bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna, apakah ingin teks memperbesar atau mengecilkan teks. Fitur ini dinamakan WhisperShout.

Allo disebutkan sebagai aplikasi messaging yang  lebih pintar dalam membuat percakapan. Sebab Allo dihadirkan dengan menggunakan Knowledge Graph dan platform asisten virtual baru Google yaitu Google Assistant. Dengan bekal tersebut, maka pengguna bisa mengakses dan bertanya kepada asisten virtual ini untuk mendapatkan informasi dan jawaban secara otomatis.

Maka jika pengguna masih malas atau berada pada posisi sulit saat ingin membalas pesan pengguna lain, maka Allo akan bekerja, menganalisa gambar di percakapan pengguna dan menawarkan opsi balasan yang bisa dipertimbangkan pengguna.

Google menekankan privasi pada aplikasi Allo. Semua pesan di Allo terenkripsi. Allo juga memiliki mode incognito, yang mengenkripsi pesan end to end.  Selain itu, Allo juga punya fitur notifikasi privat dan pesan yang usang atau lawas.

Aplikasi Duo

Aplikasi kedua yang diperkenalkan Google adalah Duo. Layanan ini berbasis aplikasi calling video one on one . Pada aplikasi ini, fitur yang diandalkan yaitu Knock Knock. Fitur ini akan menampilkan kepada pengguna sebuah preview video live dari pemanggil, sebelum pengguna memutuskan untuk mengangkat panggilan tersebut.

Google mengatakan Duo didesain untuk bekerja dalam koneksi internet yang miskin maupun sinyal internet yang kuat. Google juga menjamin aplikasi ini bisa mulus dalam peralihan panggilan dari seluler dan menggunakan koneksi internet.

Duo ditempatkan sebagai penyatu layanan yang mirip diberikan iMessage dan FaceTime yang sudah populer. Duo juga dirancang hanya untuk mobile dan berbasis nomor ponsel pengguna.

Google mengatakan Allo dan Duo segera tersedia di iOS dan Android pada musim panas nanti.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya