Gratis, Satu Juta Domain untuk UMKM

Direktur e-Business Kominfo, Azhar Hasyim (kedua dari kiri) dalam Sosialisasi program satu juta domain di kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jatim
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Kesempatan menarik diberikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Satu juta domain disediakan secara gratis bagi pelaku usaha kecil yang ingin mengembangkan usahanya secara online.

Berkat Jurus Baru, Pengguna Domain my.id Meningkat Signifikan

Direktur e-Business Kominfo, Azhar Hasyim menjelaskan, program tersebut dibuka sejak Mei ini. Sementara ini, uji coba dilakukan untuk pelaku UMKM di empat provinsi. "Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat," katanya di acara sosialisasi program satu juta domain di kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jatim di Jalaran Raya Juanda, Jumat 20 Mei 2016.

Untuk tahun ini, kata Azhar, Kominfo menargetkan 350 ribu domain dimiliki oleh pelaku UMKM di daerah-daerah, baik yang ada di perkotaan maupun di pedesaan. "Target satu juta domain ini sampai tahun 2018," tuturnya.

Domain Terlaris Setelah .com, Nih Bocorannya

Sejak dibuka, kata Azhar, sudah ada 20 ribu pelaku UMKM yang mengajukan diri untuk mendapatkan domain ke Kominfo. Sepuluh ribu sudah masuk, sedangkan sisanya masih proses verifikasi. "Syaratnya, produk UMKM harus layak untuk dipasarkan," ucapnya.

Azhar menegaskan, satu juta domain yang disediakan oleh Kominfo bisa didapatkan oleh pelaku usaha secara gratis. "Tapi itu untuk tahun pertama. Tahun berikutnya, karena UMKM diharapkan sudah bisa mandiri, ya tetap bayar," kata dia.

Pelajaran Penting dari Kasus Domain Jokowi Amin

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Jatim, Eddy Santoso, mengatakan di era digital seperti sekarang ini pertumbuhan UMKM sangat terbantu dengan hadirnya internet.

"Dengan diberikannya domain gratis bagi UMKM, akan semakin mendorong kemajuan e-commerce, sehingga dapat menjangkau pasar lebih luas," ucapnya. (asp)

Ilustrasi domain .id

Domain .id jadi Juara Se-Asia Tenggara

Domain .id unggul dalam pertumbuhan nama domain.

img_title
VIVA.co.id
5 November 2019