Fatwa MUI Media Sosial, Ini Gambaran Umumnya

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali Wafa

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara awal pekan ini, bertemu dengan pimpinan Majelis Ulama Indonesia membahas pedoman bermedia sosial bagi umat Islam yang disebut dengan Muamalah Medsosiah. Pedoman itu masih digodok dan nantinya akan jadi panduan bagi umat Islam dalam bermedia sosial.

Nonton Final Piala Dunia, Baju Via Vallen Bikin Salah Fokus

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan, ada beberapa hal pokok yang akan diatur dalam pedoman tersebut. Prinsipnya, pedoman itu mengatur cara umat Islam menyikapi informasi, khususnya di internet dan media sosial. 

"Ada beberapa fokus, antara lain soal penyikapan dalam menerima informasi, mengirim informasi, validasi sumber informasi sisi kemanfaatan informasi dan komunikasi di media sosial,"ujar Asrorun kepada VIVA.co.id, Rabu malam, 25 Januari 2017. 

Bowo Alpenleibe Mengaku Sempat Dicekik Cewek

Dia menegaskan , pedoman tersebut akan dibuat oleh MUI dan nantinya akan menggandeng Kominfo dan Polri. Asrorun mengatakan, peran Kominfo dalam pedoman tersebut, yakni memberikan informasi kebijakan pembangunan literasi media dan bersama-sama dengan MUI menyosialisasikan pedoman tersebut. 

"Pun, juga Kepolisian (ikut sosialisasi) dalam rangka menjaga ketertiban masyarakat dan penegakan hukum," ujar aktivis NU yang kini menjabat Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). 

4 Bahaya Akibat Sembarangan Unggah Foto Anak di Medsos

Asrorun mengatakan, pedoman bermedia sosial itu akan diwujudkan dalam bentuk fatwa MUI. Nantinya, fatwa itu bisa menjadi panduan umat Islam dalam berinteraksi dan berdinamika di media sosial. 

Meski fatwa bermedia sosial itu untuk umat Islam, Asrorun mengatakan, pedoman itu bisa dipakai oleh luar umat Islam ,sepanjang dianggap dibutuhkan dan relevan. "Bisa juga, dijadikan pedoman bagi masyarakat yang membutuhkan," kata dia. 

Sebelumnya pada Senin 23 Januari 2017, usai bertemu dengan MUI, Rudiantara menuliskan status di akun Twitternya, panduan tersebut nantinya akan dikeluarkan bersamaan dengan penandatanganan MoU antara MUI dan Kominfo. 

Dalam penerapan dan pembentukan gerakan Muamalah Medsosiah ini, Kominfo tak hanya menggandeng MUI, melainkan beberapa instansi terkait, salah satunya adalah polisi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya