ChatzBro.com, Awali Tren Asisten Virtual di 2017

Ilustrasi internet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Chief Executive Officer Blackberry Messenger, Matthew Talbot pernah mengemukakan chatbot akan menjadi suatu hal yang besar pada tahun ini. Firma riset Gartner  juga memprediksi hanya sepertiga dari interaksi layanan pelanggan akan memerlukan interaksi manusia pada 2017. Ini berarti sisanya akan ditangani oleh perangkat lunak otomatis seperti chatbot.

Apple Bunuh Frasa 'Hey Siri'

Chatbot adalah program komputer yang dapat bekerja di dalam aplikasi pesan instan, berinteraksi dengan pengguna dengan cara menirukan percakapan manusia. Fungsionalitasnya juga beragam, mulai memberikan jawaban otomatis untuk layanan konsumen, sebagai layanan pemesanan, hingga menjadi asisten virtual. Program komputer layaknya asisten virtual ini pun telah diadopsi oleh Marketbiz.net lewat Chatzbro.com. 

Chatzbro.com merupakan layanan yang bisa digunakan secara massal oleh para pebisnis online, dengan mengintegrasikan payment gateway paling sederhana (iPaymu.com) dan penghitungan logistik otomatis.

Frasa 'Hey Siri' akan Dipersingkat Jadi 'Siri'

Chatzbro bisa melakukan apa saja, layaknya asisten pribadi, seperti pemesanan hotel, memesan makanan dan model bot asisten virtual lainnya. Dengan rule base Facebook Messenger dipercaya memudahkan dalam skala bisnis offline ke online atau bisnis online yang sudah digunakan oleh pebisnis sebelumnya, untuk lebih mengoptimalkan layanan bisnisnya.

"Layanan ini terus akan disempurnakan sampai pada level logistik dan Facebook marketing automation untuk mempermudah dan memberikan kenyamanan dalam berbisnis di internet (dengan ads atau organik)," ujar CEO Marketbiz.net, Silvia Ratna di Jakarta, 26 Januari 2017.

Bank Sinarmas Perkuat Layanan Lewat Asisten Virtual

Menurut Silvia, setidaknya ada tiga alasan mengapa chatbot sangat diminati. Pertama, karena tak harus menggunakan aplikasi sehingga penggunaannya lebih sederhana. Selain itu juga sangat berguna untuk membangun layanan pelanggan yang tak pernah tidur. Terakhir adalah tak melewatkan komunikasi dengan pihak lain.

"Chatbot adalah cara mudah untuk merampingkan interaksi dengan memberikan informasi kepada pelanggan lebih cepat dan lebih efisien dari pada perwakilan layanan pelanggan. Terlebih, Facebook tidak hanya menciptakan Messenger untuk percakapan tapi juga transaksi bisnis. Kami membawa peluang ini lewat Chatzbro.com bersama iPaymu.com untuk melayani masyarakat Indonesia,” ungkap Silvia.

Telkomsel Veronika.

Kabar Gembira untuk Telkomsel Veronika

Layanan pelanggan asisten virtual 'Veronika' di MyTelkomsel kini terintegrasi dengan teknologi Microsoft Azure OpenAI Service. Pola interaksi lebih personal.

img_title
VIVA.co.id
26 September 2023