Fatwa Media Sosial MUI Dinilai Efektif Tumpas Hoax

Aksi Kampanye Anti Hoax.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Pegiat media sosial Ferry Koto menilai rencana fatwa MUI soal pedoman bermedia sosial bagi umat Islam bisa efektif menumpas penyebaran informasi bohong atau hoax. Pedoman media sosial yang diistilahkan dengan Muamalah Medosiah itu bisa menjadi aturan atau hukum bagi yang meyakininya.  

Dikabarkan Meninggal Dunia, Gilang Dirga Tak Marah, Kenapa?

"Kalau menurut saya fatwa itu untuk umat muslim dan fatwa itu sifatnya hukum. Hukum yang sifatnya bisa diikuti, keyakinan," kata Ferry kepada VIVA.co.id melalui pesan singkat, Rabu 1 Februari 2017.

Tapi, Ferry mengatakan, tanpa adanya fatwa pun, sudah semestinya umat muslim tidak menyebarkan hoax dan informasi fitnah. Sebab di dalam ajaran Islam dan agama lain melarang menyebarkan kebohongan dan fitnah. Ferry berpendapat, tidak masalah umat beragama lain nantinya memakai fatwa yang diterbitkan MUI tersebut.

Heboh, Warga Tasikmalaya Diterpa Berita Hoax Kiai Tewas Bersimbah Darah

Inisiatif MUI menerbitkan fatwa pedoman bermedia sosial bagi umat Islam ini disambut baik Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Sebelumnya pada Senin 23 Januari 2017, usai bertemu dengan MUI, Rudiantara menuliskan status di akun Twitternya. Dia menuliskan, panduan tersebut nantinya akan dikeluarkan bersamaan dengan penandatanganan MoU antara MUI dan Kominfo.

Mandra Digosipkan Meninggal Dunia, Keluarga Ngamuk

Dalam penerapan dan pembentukan gerakan Muamalah Medsosiah ini, Kominfo tak hanya menggandeng MUI, melainkan beberapa instansi terkait, salah satunya adalah polisi.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan, fatwa bermedia sosial itu memang untuk umat Islam, tetapi pedoman itu bisa dipakai oleh luar umat Islam, sepanjang dianggap dibutuhkan dan relevan.
 

Dewi Perssik.

Tanggapi Berita Hoax, Depe: Setiap yang Viral, di Situ Ada Dewi Perssik!

Kesal dengan berita hoax tersebut, Dewi Perssik meluapkan amarahnya lewat postingannya di Instagram.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2023