VIDEO: Drone Penyembur Api Bersihkan Sampah di Kabel Listrik

Ilustrasi drone
Sumber :
  • www.pixabay.com/MabelAmber

VIVA.co.id – Pemanfaatan drone kini kian beragam. Salah satunya, kini drone dipakai untuk membantu membersihkan sampah pada saluran listrik.

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

Perusahaan listrik Tiongkok memanfaatkan fleksibilitas pesawat tak berawak itu untuk menjalankan tugas bersih-bersih tersebut. Dikutip dari Sputnik, Senin, 20 Februari 2017, perusahaan Tiongkok menerbangkan drone yang dilengkapi dengan perangkat penyembur api untuk membersihkan sampah di Xiangyang, Tiongkok. 

Kemudian drone terbang mendekati sampah yang menyangkut di jaringan listrik. Begitu posisinya dekat, drone langsung menyemburkan sampah tersebut dengan api sampai hilang dengan mengeluarkan asap hitam.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh

Tapi dari tayangan video, semburan api tak sampai membakar kabel listrik. Rahasianya, drone tersebut menyemburkan api yang mampu mendegradasi logam kabel listrik, sehingga tak sampai membakar kabel. 

Dalam video yang dirilis, perusahaan Tiongkok itu memanfaatkan drone DJI S1000+ dengan delapan baling-baling. Drone ini punya keunggulan, mampu membawa muatan sampai 11 kilogram. 

Iran Berhasil Tangkis Serangan Israel

Selain membersihkan sampah yang tersangkut pada saluran listrik, drone tersebut juga dipakai untuk membersihkan puing-puing misalnya sepatu, pas plastik dan sampah lainnya, yang menyangkut pada saluran listrik.  

Pelibatan drone dalam pembersihan sampah di saluran listrik dianggap akan membantu dan menekan risiko jatuhnya korban. Sebelum penggunaan drone penyembur api, untuk membersihkan sampah pada saluran listrik menggunakan metode konvensional, yakni tenaga manusia dengan tongkat dan alat bantu lainnya. Cara ini terbilang berbahaya, sebab saluran listrik bertegangan tinggi. 

Penggunaan drone penyembur api ini bukan pertama kalinya. Sebelumnya pada 2015, Nebraska-Lincoln University, Amerika Serikat mengembangkan drone yang mampu mengendalikan api dalam membersihkan rumput di Homestead National Monument of America, Nebraska. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya