Kamera Ini Bisa Mendeteksi Detak Jantung

Ilustrasi detak jantung.
Sumber :
  • Pixabay/Inspiredpictures

VIVA.co.id – Perusahaan elektronik asal Jepang, Panasonic menciptakan inovasi yang bisa digunakan untuk medis. Inovasi tersebut berupa teknologi kamera yang bisa membaca detak jantung seseorang.

5 Mitos Keliru Soal Penyakit Jantung, Salah Satunya Nyeri Dada

Dilansir Phone Arena, Kamis 2 Maret 2017, cara penggunaan teknologi besutan Panasonic ini mudah, hanya dengan mengarahkan kamera ke tubuh, maka detak jantung akan terbaca.

Teknologi kamera unik ini diberi nama Contactless Vital Sensing. Jadi, Contactless Vital Sensing ini membaca detak jantung dengan mendeteksi kulit manusia. Kamera akan memantau cahaya yang direfleksikan oleh kulit.

Hati-hati, Militer AS Mampu Bidik Target Hanya dari Detak Jantung

Alasan kulit dijadikan objek acuan, sebab darah menyerap cahaya, sehingga kulit manusia akan berkurang tingkat refeleksivitasnya saat darah mengalir. "(Contactless Vital Sensing) berupa sebuah sebuah software dan akan kompatibel dengan berbagai tipe kamera yang ada, bahkan webcam,” kata pihak Panasonic.

Inovasi ini disampaikan pada acara Wonder Japan Solution yang diselenggarakan oleh Panasonic di Tokyo, Jepang. Panasonic juga mendemokan langsung teknologi ini di acara tersebut.

Awas, Kerja Lebih dari 55 Jam Seminggu Membahayakan Jantung

Panasonic berharap inovasi mereka ini jadi perangkat medis profesional di masa mendatang. Contactless Vital Sensing secara umum akan diumumkan pada 2018.

Ilustrasi olahraga/lari.

Pentingnya Memantau Detak Jantung saat Olahraga, Ini Tipsnya

Olahraga tak bisa dilakukan sembarangan. Selama ini banyak kasus meninggal usai olahraga yang diakibatkan oleh serangan jantung.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2021