Perusahaan Swasta AS Uji Coba Peluncuran Roket

Ilustrasi roket meluncur ke ruang angkasa.
Sumber :
  • REUTERS/Joe Skipper

VIVA.co.id – Roket Electron diluncurkan ke ruang angkasa dengan menggunakan fasilitas swasta bernama Rocket Lab, perusahaan asal Amerika Serikat. Demikian dikutip dari situs BBC, Jumat, 26 Mei 2017.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Roket setinggi 17 meter ini tinggal landas dari Semenanjung Mahia, North Island, Selandia Baru. Uji coba peluncuran dianggap sebagai langkah penting di pasar yang terus berkembang.

Rocket Lab meluncurkan roket-roket murah sekali pakai untuk membawa satelit kecil dan muatan-muatan lain. Selain itu, perusahaan berencana untuk memulai peluncuran komersial pertama "yang berkelanjutan" pada akhir tahun ini.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Cuaca buruk sempat menunda peluncuran roket selama beberapa hari. Namun Electron akhirnya berangkat pada Kamis siang, 25 Mei 2017 waktu setempat.

Dalam uji coba peluncuran pertama, satu dari tiga yang direncanakan tidak membawa muatan sungguhan, tetapi Rocket Lab mengatakan roket Electron akan membawa beban 150 kg ke orbit.

Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan

Selandia Baru dipilih sebagai lokasi peluncuran karena lalu lintas udara di negara ini tak seramai di AS. Peluncuran roket ke ruang angkasa biasanya melibatkan pengalihan penerbangan pesawat-pesawat komersial. (one)

Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Jangan Ragukan Nasionalisme Pemain Naturalisasi Indonesia

Pemain naturalisasi Indonesia disebut oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah menunjukkan sikap yang luar biasa ketika mengenakan jersey Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024