Mengintip 'Jeroan' MC-21, Jet Komersil Negeri Beruang Putih

Jet komersial Rusia, MC-21-300
Sumber :
  • REUTERS.com

VIVA.co.id – Pesawat komersial milik Rusia, MC-21, disebut-sebut memiliki dimensi yang berbeda dengan jenis pesawat buatan Barat.

Jet Rusia Pesaing Airbus dan Boeing Akan Memproduksi 2 Versi

Menurut keterangan resmi Irkut Corporation - pabrik pembuatan MC-21 - sebenarnya memiliki desain tubuh lebar dengan enam kursi di setiap sisi.

Dengan begitu, memberikan kabin terluas untuk pesawat sekelasnya. MC-21 juga menawarkan jendela yang lebih besar, tekanan udara kabin yang lebih nyaman dan kontrol iklim yang lebih baik.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

MC-21 sepenuhnya kompatibel dengan plafon 4A ICAO dan III FAA yang digunakan oleh pesawat Boeing dan Airbus. MC-21 dirancang dengan material pembuat badan pesawat tercanggih, sistem teknologi engine, dan avionik terbaru dalam desainnya.

"Ini termasuk desain sayap komposit yang meningkatkan efisiensi bahan bakar. MC-21 didukung Pratt & Whitney PW1000G, atau mesin turbofan PD-14 buatan Rusia, yang memenuhi dan melampaui standar keamanan, kebisingan, dan efisiensi bahan bakar global," demikian bunyi pernyataan Irkut, dikutip Sputniknews, Senin 12 Juni 2017.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Disebutkan pula, biaya produksi komponen utama MC-21 secara signifikan lebih rendah dibandingkan Boeing 787.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa MC-21 kemungkinan akan dibanderol US$70 juta dolar jauh di bawah Airbus A320 yang harganya mencapai US$102,8 juta dan Bombardier CS300 senilai US$80 juta.

Dari segi emisi, seluruh tipe MC-21, diyakini 20 persen lebih ramah lingkungan dibanding pesaingnya, Boeing dan Airbus.

Perusahaan induk Irkut, United Aircraft Corporation menyatakan, pemasaran MC-21 tidak hanya akan dilakukan di negeri Beruang Putih, tetapi juga di India, China, Asia Tenggara, dan Amerika Latin. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya