Google Rilis Fitur Cari Lowongan Kerja

Ilustrasi pencarian Google.
Sumber :
  • www.pixabay.com/422737

VIVA.co.id – Google mengumumkan fitur baru untuk pencari kerja. Mesin pencari raksasa ini menggabungkan fitur tersebut ke dalam sistem pencariannya sehingga dapat menampilkan pekerjaan yang relevan dengan pengguna secara langsung.

Simak Syaratnya! Ada Ratusan Lowongan Kerja di Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Pengguna Google yang menggunakan mesin pencarian ini dalam bahasa Inggris di perangkat desktop dan mobile, akan mendapatkan prioritas mencicipi fitur pencarian kerja itu terlebih dahulu. 

Fitur ini bekerja saat pengguna mengetik pencarian misalnya 'pekerjaan di dekat saya' atau 'mencari pekerjaan', maka Google akan menampilkan daftar dari situs seperti Monster, LinkedIn, WayUp, DirectEmployers, Career Builder, Glassdoor dan Facebook.

Punya Skill di Atas Rata-rata, Wanita Ini Curhat Susah Dapat Kerja

Google juga menyediakan berbagai filter untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan judul, kategori, tanggal tayang dan tipe penayangan. Sedangkan di masa mendatang, perusahaan raksasa digital ini berencana akan menambahkan lebih banyak filter.

Untuk beberapa posisi, para pencari kerja akan menunggu waktu apabila masuk ke akun Google, dan mendapatkan ulasan serta penilaian dari perusahaan. 

Disparekraf DKI Jakarta Sebut Syarat Lowongan Kerja Minimal Punya Iphone 13 Tak Mutlak

Seperti situs LinkedIn, Google akan mengizinkan pencari kerja untuk mengaktifkan peringatan atau notifikasi, agar mereka menerima pemberitahuan email saat ada pekerjaan baru.

Fitur baru ini akan menjadikan Google sebagai saingan berat Indeed.com, mesin pencari kerja populer dengan lebih dari 200 juta pengunjung setiap bulannya.

Meski Google sedang memasang posisi baru dalam menarik perhatian warganet, mereka tidak menyebutkan secara pasti apakah hasilnya akan sesuai dengan pengalaman si pencari kerja nantinya.

Padahal LinkedIn dan WayUp menyarankan posisi berdasarkan pengalaman yang tercantum dalam profil pengguna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya