Diciptakan, Bir Probiotik yang Bikin Tubuh 'Makin Kebal'

Minuman bir.
Sumber :
  • Pixabay/Wokandapix

VIVA.co.id – Seorang Ilmuwan Singapura mengklaim telah berhasil menciptakan bir probiotik. Bir ini diyakini mengandung bakteri probiotik yang diklaim dapat meningkatkan kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh.

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Peneliti makanan dari Universitas Nasional Singapura (National University of Singapore) Alcine Chan (23) bereksperimen selama hampir satu tahun dengan resep malt, alkohol, hop dan strain bakteri probiotik, hingga pada akhirnya dia mendapatkan formula yang tepat.

"Hop merupakan bahan utama pembunuh probiotik. Jadi, kami harus menemukan jalan keluar bagi probiotik untuk melawannya," kata Chan, seperti dikutip Reuters, 4 Agustus 2017.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Untuk diketahui, hop adalah sekumpulan bunga betina, atau biasa disebut benih kerucut (strobilus), dari spesies hop bernama Humulus lupulus. Hop umumnya digunakan sebagai perasa dan penstabil rasa bir, karena bunga ini dapat menambah rasa pahit dan asam. 

Chan mengungkapkan, ide pembuatan bir probiotik ini datang lantaran dirinya terinspirasi yoghurt probiotik atau minuman susu fermentasi yang dikonsumsinya saban hari.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Meski demikian, kandungan bir temuannya dan yoghurt kesukaannya sangatlah berbeda jauh. Bir probiotik ini memiliki kadar alkohol 3,5 persen, lebih sedikit dari bir pada umumnya yang kandungan alkoholnya bisa mencapai 4-6 persen.

Selain itu, setiap 100 mililiter (3,4 oz) minuman tersebut, atau kira-kira hanya seteguk mengandung 1 miliar organisme probiotik dan strain probiotik Lactobacilus paracasei L26.

Sementara menurut Supervisor Proyek Chan, Liu Shao Quan, menambahkan jika bir ini belum memiliki nama. "Bir hanyalah sebuah kendaraan baru untuk mengenalkan probiotik dan manfaat kesehatan yang terkait," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya