Nilai Tukar 1 Bitcoin Tembus Rp56 Juta, Kok Bisa?

Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dibangun di atas teknologi bernama Blockchain.
Sumber :
  • www.pixabay.com/MichaelWuensch

VIVA.co.id – Mata uang digital Bitcoin mencetak tonggak sejarahnya. Nilai tukar Bitcoin melonjak dan memecahkan rekor. Per akhir pekan lalu, nilai satu Bitcoin mencapai nilai tertinggi, setara dengan US$4.224 atau Rp56 juta. Nilai mata uang Bitcoin secara pelan terus meningkat, bandingkan dengan saat Bitcoin muncul pada 2010, yang mana nilainya kala itu setara dengan 8 sen. Artinya dibandingkan pada 2010, nilai Bitcoin saat ini telah meningkat berlipat-lipat.

Nilai Aset Bitcoin Sentuh Rp 1 Miliar, Investor Diminta Lakukan Riset dengan Teliti

Dikutip dari Cnet, Senin 14 Agustus 2017, kenaikan nilai Bitcoin tergolong cepat dan signifikan sepanjang bulan ini. Kenaikan satu Bitcoin pada akhir pekan lalu itu melampaui nilai tukar US$3.000 pada awal bulan ini. 

Menurut laman kabar mata uang digital, CoinDesk, nilai Bitcoin bertambah US$600 kurang dari 48 jam pada akhir pekan lalu dan meningkat lebih dari US$1000 per unit dalam sepekan. 

Terpopuler: Ruko di Medan Tambang Bitcoin, Banggar Ultimatum APBN Bengkak untuk IKN

Dengan kenaikan tersebut, menurut laman Sputniknews, kapitalisasi pasar Bitcoin kini mencapai US$64 miliar, naik sekitar US$10 miliar dibanding pekan sebelumnya. Kenaikan nilai mata uang Bitcoin itu juga dipandang terpengaruh oleh munculnya pecahan Bitcoin yakni Bitcoin Cash yang muncul pada 1 Agustus lalu. 

Kehadiran Bitcoin Cash itu dirancang untuk mengatasi meningkatkan popularitas Bitcoin. Kemunculan Bitcoin Cash juga memang menjadi perdebatan, sebab banyak orang menyangsikan apakah dengan pecahan baru itu, Bitcoin akan turun nilainya.  

Ruko di Medan Jadi Lokasi Tambang Bitcoin, Curi Listrik hingga Rp 14,4 Miliar

Namun ada spekulasi lain, nilai Bitcoin meningkat lantaran penerapan protokol SegWit baru yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan transaksi di semua belahan dunia. 

Sementara laman CNBC melaporkan, permintaan Bitcoin memang meningkat di Jepang, yang secara tradisional adalah pasar terbesar mata uang digital tersebut. CryptoCompare melaporkan, saat ini Jepang memiliki hampir 46 persen dari volume perdagangan Bitcoin secara global, angka itu naik sekitar 33 persen sehari sebelumnya.  

Cryptocurrency.

6 Tips Dasar Bermain Cryptocurrency

Dunia cryptocurrency semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, menawarkan peluang menarik bagi investor untuk mendapatkan keuntungan. Namun, seperti halnya investasi

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024