Survei LIPI: Petani Indonesia Terancam Punah

Para petani memotong padi saat panen raya serentak beberapa waktu silam di Buloh Beureughang, Kuta Makmur.
Sumber :
  • ANTARA/Rahmad

VIVA.co.id – Petani Indonesia terancam 'punah'. Saat ini rata-rata usia petani nasional mayoritas berumur 45 tahun ke atas.

Indahnya Spesies Baru Anggrek Berkepala Naga, Asli dari Papua

Berdasarkan riset Pusat Penelitian Kependudukan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, rata-rata usia petani di tiga desa pertanian padi di Jawa Tengah mencapai 52 tahun. Namun, kaum muda yang bersedia melanjutkan usaha tani keluarga di sana hanya sekitar tiga persen.

Kepala Pusat Penelitian Kependudukan LIPI, Haning Romdiati, menegaskan keberadaan pertanian keluarga skala kecil atau lahan terbatas sangat penting dalam penyediaan pangan.

Foto Jepretan Ani Yudhoyono dalam Buku Tanaman LIPI

Menurut data Food and Agriculture Organization, organisasi pangan di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa, pada 2014, pangan nasional dan global diproduksi masing-masing oleh 90 persen dan 80 persen pertanian keluarga skala kecil.

"Berkaca dari hasil survei ini, bila ke depan kondisinya tetap dibiarkan, maka Indonesia mengalami krisis petani. Pemerintah harus membuat kebijakan regenerasi petani," kata Haning di Gedung LIPI Jakarta, Rabu 20 September 2017.

Meski Tak Lagi Berpredikat Daerah Khusus, Jakarta Harus Tetap Berbenah

Ia menekankan keberadaan pemuda untuk melanjutkan usaha tani keluarga sangatlah penting. Selain untuk menjaga keberlanjutan pertanian, juga sebagai generasi penerus yang diharapkan melanjutkan usaha pertanian keluarga. (ren)

Sepeda motor listrik Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01)

Akademisi Bikin Motor Listrik Lokal, Begini Penampakannya

Mahasiswa dan dosen berkolaborasi dengan peniliti LIPI serta rumah modifikasi, membangun sepeda motor listrik lokal.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2021