Bingung Aturan Ganjil-Genap, Lihat Waze

Direktur Waze, Di-Annn Eisnor di Google for Indonesia 2017.
Sumber :
  • Viva.co.id/Lazuardhi Utama

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah berkerja sama dengan Waze untuk mengurangi tingkat kemacetan di DKI Jakarta. Platform navigasi online itu bisa memberikan notifikasi hari ganjil atau genap yang sesuai dengan nomor pelat kendaraan pengguna.

2 Perusahaan Asal Israel yang Marak Digunakan Masyarakat Indonesia

Aturan ini sejatinya telah diungkap Google Indonesia saat perhelatan besar mereka di Tanah Air beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah juga menegaskan bahwa tahun lalu perwakilan dari Dinas Perhubungan dan Jakarta Smart City telah mempresentasikan monitoring dan evaluasi kebijakan pengaturan lalu lintas ganjil-genap dengan menggunakan olahan data Waze pada acara Waze - CCP Summit Meeting yang bertempat di Google Paris.

Exploring Teknologi Buatan Israel yang tanpa Sadar Digunakan di Indonesia & Dunia

Hari ini, Kamis, 18 Oktober 2017, menurut Andri, pihak Waze resmi meluncurkan fitur navigasi yang telah dilengkapi dengan implementasi ganjil-genap pada ruas jalan Ibu Kota yang didesain khusus untuk pengguna Waze di Jakarta.

"Sumber Waze menyampaikan dari seluruh aplikasi Waze yang digunakan hampir di seluruh belahan dunia. Hanya Jakarta dan Brasil yang saat ini telah diberikan penambahan fitur pembatasan lalu lintas ganjil-genap ini," kata Andri di Balai Kota, Jakarta. 

6 Most Significant Israeli Inventions in Common Use Today

Selain itu, kata Andri, pengguna juga sudah bisa mengaktifkan map editor lokal dan data dari Dinas Perhubungan dan Jakarta Smart City, serta fitur untuk menghindari simpang yang mengalami konstruksi dan tidak bersinyal. 

"Bahkan Jakarta juga sudah menambahkan lokasi parkir off street yang tersedia di dekat lokasi tujuan pengguna jalan seperti parkir off street IRTI Monas dan Thamrin 10," katanya. (ase)

Ilustrasi ganjil genap.

Catat! Ini Lokasi dan Jam Ganjil Genap Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Ganjil genap atau Gage hari raya Lebaran Idul Fitri mulai diberlakukan sejak 5 April mulai pukul 14.00 hingga 7 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024