Makin Mudah, Jelajahi Planet Mars Bisa di Smartphone

Permukaan Mars dalam peta Access Mars
Sumber :
  • www.nasa.gov

VIVA – Menjelajahi Planet Mars kini makin mudah. Cukup di depan komputer, pengguna internet bisa menelusuri permukaan Planet Merah dengan gambar detail. 

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Kemudahan ini berkat kerja sama antara Jet Propulsion Laboratory (JPL) Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Google. Keduanya membuat peta nuansa 360 derajat permukaan Mars. Dengan demikian pengguna internet bisa menelusuri Planet Merah di dekstop, perangkat mobile sampai perangkat virtual reality (VR) atau augmented reality (AR). Peta permukaan Planet Merah juga bisa disaksikan pada perangkat virtual reality berbasis mobile pada perangkat Android maupun Apple. 

Peta ini bisa dihadirkan dengan pasokan foto dan citra permukaan Mars yang diambil oleh wahana robot penjelajah NASA, Curiosify, yang sudah mendarat di Planet Mars sejak 2012. 

Ada Android 15 bikin Fitur Ini bisa Digunakan untuk Melacak HP Mati

Dalam peta Access Mars, pengguna internet bisa 'napak tilas' titik pendaratan Curiosity, dan titik lainnya misalnya Murray Buttest, Marias Pass sampai Pahrump Hills.

"Kami telah mampu memanfaatkan teknologi VR dan AR untuk ilmuwan kami ke Mars tiap harinya. Dengan Access Mars, tiap orang di dunia bisa menyusuri Mars," ujar Pimpinan Manajer Proyek Ops Lab JPL NASA, Victor Luo dikutip dari situs NASA, Jumat 20 Oktober 2017. 

YouTube Premium Bisa Dinikmati 10 Negara, Ada Pulau Paling Sial

Access Mars diciptakan menggunakan data yang dikumpulkan JPL dan dibuat dalam standar open source, WebVR. Kontribusi dari tim Creative Labs Google membuat peta permukaan Mars makin terlihat bagus. 

Pada tampilan Access Mars, terdapat tiga fitur Learn, Move dan Travel. Learn untuk melihat profil misi Curiosity, kemudian Move akan memungkinkan pengguna bisa menjelajahi sari satu titik ke titik dengan mengklik medan permukaan Mars. Sedangkan Travel menjelajahi permukaan Mars dengan cara yang berbeda misalnya mengklik peta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya