Nuklir Bisa Uji Keaslian Benda Cagar Budaya Tanpa Merusak

Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto (kanan).
Sumber :
  • Dokumentasi Batan

VIVA – Kepala Badan Tenaga Nulir Nasional, Djarot Sulistio Wisnubroto, membenarkan jika nuklir bisa menguji keaslian benda cagar budaya seperti arca.

China Mengkonfirmasi Sedang Membangun Kapal Induk ke-4

Menurut dia, metode yang terbilang baru ini mampu mengungkap keaslian benda cagar budaya, yang memiliki banyak nilai tambah, tanpa harus merusak dengan cara mencungkil.

"Namanya analisis menggunakan radiasi nuklir. Sinar nuklir ditembakkan ke benda cagar budaya itu, sehingga tidak perlu dilakukan penyungkilan. Jadi, benda cagar budaya itu tidak cacat," kata Djarot kepada VIVA.co.id, Minggu, 22 Oktober 2017.

5 Bentuk Kekuatan Militer China yang Buat AS Ketar Ketir

Selain itu, ada juga yang namanya uji karbon (carbon dating), yang fungsinya mampu melacak usia arca. Ia lalu mencontohkan Piramida di Mesir, yang sudah diketahui usianya dari penggunaan carbon dating yang mencapai ribuan tahun.

Djarot menjelaskan, Batan sempat diminta untuk membantu umur dari situs Gunung Padang. "Tapi tidak ada kesimpulan mengenai Gunung Padang itu. Kita ikut membantu dari sisi bagaimana mengukur usianya," ujarnya menambahkan.

Presiden Rusia Putin Blak-blakan Ancam Presiden Prancis Jika Ikut Campur Perang Rusia-Ukraina

Teknologi nuklir dinilai mampu 'membaca' komponen kuno di dalam benda cagar budaya seperti arca, sehingga akan terlihat semuanya hingga pada bagian terkecil (partikel). (mus)

VIVA Militer: Rudal balistik antarbenua berkekuatan nuklir militer Rusia

Keras! Presiden Rusia Vladimir Putin: Kami Siap Gunakan Nuklir

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa negaranya telah siap menggunakan senjata nuklir mereka jika ada ancaman terhadap kenegaraan, kedaulatan atau kemerdekaan.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024