Bos Amazon Ambisi Bikin Layanan Pengiriman di Bulan

Jeff Bezos
Sumber :
  • Reuters/ Richard Brian

VIVA.co.id – Perusahaan antariksa swasta, Blue Origin mengajukan gagasan baru untuk mendukung misi eksplorasi Bulan. Pendiri Blue Origin, Jeff Bezos dikabarkan sedang menyiapkan layanan pengiriman mirip Amazon di Bulan. Selain memiliki Blue Origin, Bezos tercatat merupakan bos Amazon. 

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Laman Spacenews, Senin 6 Maret 2017, menuliskan gagasan itu sudah didiskusikan dengan Badan Antariksa AS (NASA) dan pemerintahan Presiden Donald Trump pada Januari tahun ini. 

Dalam dokumen diskusi, Blue Origin mengajukan pengembangan kargo pendarat yang dinamakan Blue Moon. Pendarat kargo ini dikatakan bisa mendukung misi pembangunan basis di kutub selatan Bulan. Kutub ini memang menjadi incaran eksplorasi, sebab di sini terdapat tersimpan es air dan area yang nyaris kontan dengan sinar Matahari. 

5 Negara Ini Siap Menjajah Bulan

Laman Washington Post menuliskan, memo diskusi mendesak NASA untuk mendukung gagasan layanan pengiriman mirip Amazon. Blue Moon akan mengirimkan perlengkapan eksperimen, kargo, habitat sampai pada pertengahan 2010. Blue Moon juga akan membantu 'pemukiman manusia di masa depan'. 

Dikonfirmasi soal gagasan itu, Bezos tak membantahnya. Dia mengatakan, sudah semestinya misi AS untuk kembali ke Bulan, setelah beberapa dekade sebelumnya NASA pernah mendaratkan astronautnya di satelit Bumi itu. 

Jadwal Penerbangan ke Luar Angkasa di 2024

"Sudah waktunya Amerika kembali ke Bulan. Ini waktunya untuk tinggal (di sana)" ujar Bezos dalam emailnya kepada The Washington Post. 

Bos Amazon itu menegaskan, gagasan Blue Moon itu mendukung misi koloni dan eksplorasi Bulan. Sebab, meski pernah menjejaki Bulan sebelumnya, tetapi untuk bisa tinggal permanen di Bulan adalah sebuah tantangan. 

"Pemukiman di Bulan yang dihuni secara permanen adalah misi yang suit dan ini pantas jadi sasaran. Saya merasakan banyak orang yang semangat atas hal ini," ujarnya. 

Proposal Bezos soal Blue Moon itu muncul, setelah pendiri SpaceX, Elon Musk mengumumkan perusahaannya siap menerbangkan dua turis ke Bulan pada 2018. Ambisi ini jika terwujud, akan mengalahkan misi serupa yang sedang disiapkan NASA. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya