Mahasiswa Undip Mampu Bikin Cabai Awet Enam Bulan

Komoditas cabai merah di pasar
Sumber :
  • VIVa.co.id/Shintaloka Sicca

VIVA.co.id – Sejak musim penghujan, masyarakat dibuat resah dengan harga cabai yang melambung tinggi. Kini keresahan itu tengah coba diatasi lewat hasil karya sekelompok mahasiswa dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, yaitu alat pengawet cabai.

Daftar Harga Pangan 27 Maret 2024: Beras Premium hingga Cabai Naik

Teknologi itu diklaim bisa mengawetkan cabai, dan juga beras, selama berbulan-bulan, bahkan hingga tahunan.

"Kami membuat suatu alat, yang kemudian alat ini bisa mempertahankan beras empat tahun dan cabai selama enam bulan," ujar Rektor Undip, Yos Johan Utama, saat konferensi pers Forum Inovasi Industri di Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta, Senin 20 Maret 2017.

Kemenko Perekonomian Ungkap Besarnya Gap Pasokan Pangan: 50 Persen Terpusat di Pulau Jawa

Yos menyebut, alat untuk mengawetkan cabai dan beras ini memiliki bentuk kotak yang tidak terlalu besar. Pengawetannya sendiri berbasis nanoteknologi.

Untuk penggunaan mengawetkan beras, alat tersebut sudah dipakai oleh beberapa bulog, menyusul wilayah lainnya. Sementara untuk pengawetan cabai, masih diuji coba dalam skala laboratorium.

Daftar Harga Pangan 20 Maret 2024: Bawang hingga Telur Naik

Riset inovasi alat pengawet cabai dan beras oleh mahasiswa Undip ini sebagai salah satu penerima dana inovasi industri dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Dana yang digelontorkan Kemenristekti mencapai Rp 171 miliar untuk 66 judul proposal bagi Perguruan Tinggi, lembaga Litbang, dan industri. Dana bisa digunakan untuk penyempurnaan prototipe, ijin edar, sertifikasi dan lainnya. (ren)

Ilustrasi daging sapi

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Harga komoditas pangan masih terpantau mengalami kenaikan. Beberapa di antaranya seperti bawang merah, cabai, daging sapi, hingga gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024