Unik, Pembangkit Surya Ini Berbentuk Panda

Pembangkit bertanaga surya di Tiongkok
Sumber :
  • www.inhabitat.com/ China Merchants New Energy and Panda Green Energy

VIVA.co.id – Pemerintah Tiongkok sedang berupaya untuk mengurangi emisi karbon di negerinya. Belum lama ini, Tiongkok telah membangun pembangkit bertenaga surya di Datong, Shanxi yang unik, lantaran susunan panel surya membentuk wujud Panda raksasa. Karena bentuknya, pembangkit surya ini dinamakan Panda Power Plant. 

Pembiayaan BRI Pada Sektor Renewable Energy Tumbuh 19.1 Persen

Dikutip dari Shanghaiist, Kamis 6 Juli 2017, proyek ini telah dimulai Panda Green Energy pada 2016 dengan menggandeng United Nations Development Program (UNDP). Proyek ini bertujuan untuk mempromosikan pengembangan sumber energi terbarukan di Negeri Tirai Bambu. 

Untuk membangun panel surya Panda raksasa itu, tim proyek melibatkan dua warna panel, yakni hitam dan putih. Panel hitam dan putih itu disusun sedemikian rupa, sehingga membentuk wujud Panda. 

Startup Lokal Diajak untuk Bangun Ekosistem Energi Bersih

Pada tahap pertama, pembangkit surya Panda raksasa itu telah terhubung dengan jaringan listrik. Panel surya itu telah menyediakan setidaknya energi terbarukan sebesar 50 megawatt. 

Selanjutnya, begitu konstruksi pembangkit bertenaga solar itu selesai sepenuhnya, akan mampu menghasilkan energi 100 megawatt. Diharapkan dalam 25 tahun ke depan, pembangkit bertenaga solar itu bisa membantu mengurangi emisi karbon di Tiongkok hingga 2,74 juta ton. 

RI Gandeng Jepang Kejar Target Transisi Energi Nasional

Dalam lima tahun ke depan, Panda Green Energy bersama dengan China Merchants New Energy ingin memperluas proyek ini di dalam maupun luar Tiongkok. (art)   

Ilustrasi penelitian.

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Ternyata sejauh ini ada banyak fakta sains yang menarik dan bahkan cukup aneh yang telah ditemukan oleh para ilmuwan.

img_title
VIVA.co.id
9 Juni 2022