4 Pertolongan Pertama Pada Smartphone: Baterai Tak Ngecas

Ilustrasi baterai pada smartphone
Sumber :
  • www.pixabay.com/Rawpixel

VIVA – Penggunaan baterai smartphone memang harus hati-hati. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak membiarkan baterai habis total. Jika baterai habis total, terkadang ada smartphone yang tiba-tiba 'ngambek', alias tidak mau terisi (ngecas) meski telah disambungkan dengan daya.

11 Cara Menghemat Baterai Hp Agar Tahan Lama, Sangat Efisien

Nah, kalau smartphone sudah 'ngambek' seperti ini, yang repot pasti penggunanya. Banyak yang menyangka jika smartphone tersebut sudah mati total dan tidak bisa digunakan kembali. Padahal sebenarnya di beberapa kasus, baterai smartphone tersebut hanya 'lelah'.

Baterai smrtphone habis.

Rahasia Kelam di Balik Fast Charging Smartphone

Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk 'membangkitkan kembali gairah' baterai pada smartphone. 

1. Gunakan charger bawaan

Cara Mudah Bikin Baterai Android Awet

Saat membeli smartphone, sudah pasti diberikan juga kabel casan beserta colokannya. Namun karena satu smartphone biasanya memiliki tipe casan yang sama, kita memilih untuk menggunakan yang lama dan menyimpan yang baru. Nah, saat baterai tak bisa dicas lagi, itulah waktunya kita menggunakan casan bawaan smartphone tersebut. Ibaratnya, mempertemukan pasangan yang sudah terpisah lama.

2. Colokan langsung di dinding

Saat mengisi daya dengan casan bawaan, upayakan kabel dan kepala casan tercolok langsung ke stop kontak yang langsung menempel di dinding. Artinya, jangan menggunakan adapter atau alat penyambung tambahan. Ini untuk membuat arus pengisian langsung.

3. Charge seharian penuh

Jika sudah tercolok, yang harus anda lakukan adalah bersabar menunggu proses pengecasan menunjukkan hasil. Proses sampai pengecasan terlihat aktif di layar biasanya membutuhkan waktu maksimal sampai seharian. Namun ada juga yang biasanya hanya butuh beberapa jam.

4. Tetap Dingin

Baterai smartphone sangat sensitif terhadap panas. Tidak heran dalam petunjuk manualnya, beberapa smartphone menyarankan perangkat untuk tidak terpapar sinar matahari langsung, atau terkena benda yang bisa menghantarkan panas. Maka dari itu, saat dicas buka softcase atau hardcase yang menutupi bodi bawah smartphone. Pakai kembali case tersebut saat smartphone akan dibawa keluar. 

Mulai sekarang, jangan sekali-sekali membiarkan baterai habis total. (an)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya