Qualcomm Kenalkan 3 Chipset Baru, Ini Kelebihannya

Qualcomm siap memasuki pasar internet of things dengan Snapdragon Wear 1100.
Sumber :
  • Qualcomm

VIVA – Perusahaan teknologi Amerika Serikat, Qualcomm, mengumumkan tiga chipset generasi teranyar, yaitu Snapdragon 632, 439, dan 429 Mobile Platform, yang merupakan pembaruan dari seri 600 dan 400.

Fans Turnamen Mobile eSports Ini Membludak, Ada Peran Indonesia

Vice President Product Management Qualcomm Technologies, Kedar Kondap, menyebutkan bahwa tiga System on Chip (SoC) terbarunya ini menyasar segmen smartphone menengah ke bawah alias ekonomis.

Perangkat keras ini diklaim mampu memberikan performa yang lebih tinggi, daya tahan baterai yang lebih baik, desain yang lebih efisien, grafis yang mengagumkan, serta membawa kemampuan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) ke lini Snapdragon yang paling laris.

3 HP Ini Perdana Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

"Saya sangat antusias menawarkan platform-platform dengan fitur-fitur canggih ini kepada para OEM dan konsumen," kata dia, dalam keterangannya, Rabu, 27 Juni 2018.

Ia mengungkapkan, perangkat komersial yang ditenagai Snapdragon 632, 439, dan 429 ini diperkirakan meluncur pada pertengahan kedua tahun ini. Pada Snapdragon 632 terbaru, lanjut Kondap, Qualcomm mengklaim telah membawa beberapa pengalaman seluler yang paling dicari.

Samsung Galaxy A05s Tampil Beda

"Termasuk mainstream gaming, pengambilan video beresolusi 4K, kecerdasan buatan, dan konektivitas LTE berkecepatan tinggi dengan harga yang tentunya lebih terjangkau," paparnya.

Menurutnya, Snapdragon 632 terbuat dari teknologi proses FinFET yang canggih. Selain itu, Snapdragon 632 diakui menawarkan peningkatan performa hingga 40 persen berkat perpaduan antara CPU Qualcomm Kryo 250 dan GPU Qualcomm Adreno 506.
 
Untuk kecepatan seluler yang tinggi, Snapdragon 632 juga mengusung modem X9 LTE yang mendukung teknologi LTE Advanced seperti carrier aggregation.

Sementara itu, produk terbaru lainnya, yakni Snapdragon 439 dan 429 Mobile Platform, diciptakan untuk membantu membawa pengalaman seluler yang populer untuk pasar umum, serta konsumen yang peduli akan harga.

"Kedua platform tersebut dilengkapi dengan kemampuan kecerdasan buatan yang meningkatkan pengalaman kamera, suara, dan keamanan," jelas Kondap.

Kedua varian terbaru dari seri 400 itu, ia menambahkan, juga dibuat dengan kecanggihan teknologi proses FinFET. Snapdragon 439 dan 429 meningkatkan performa CPU dan efisiensi daya sampai dengan 25 persen.

Keduanya juga memiliki fitur modem X6 LTE untuk kecepatan unduh yang cepat, streaming video yang lancar, dan penjelajahan web yang mulus.

Snapdragon 439 dilengkapi dengan CPU octa-core dan menambah GPU Adreno 505 untuk peningkatan rendering grafis yang lebih cepat hingga 20 persen. Snapdragon 429 mengusung GPU Adreno 504 untuk peningkatan rendering grafis hingga 50 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya