Robot 'Stres' Jatuh ke Kolam

Robot Knightscope K5.
Sumber :
  • Twitter/@gregpinelo

VIVA.co.id – Sebuah robot (droid) otonom bernama The Knightscope K5, yang sejatinya dirancang untuk berpatroli di gedung perkantoran dan tempat parkir, tiba-tiba terjatuh ke kolam air mancur.

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Kejadian unik ini terjadi saat robot itu sedang bertugas keliling seperti biasa di gedung perkantoran di Washington DC, Amerika Serikat.

K5 merupakan robot berbentuk kapal roket yang berdiri setinggi 5 kaki, yang dilengkapi dengan GPS, laser, sensor dan kamera, yang berfungsi untuk memantau lokasi.

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

Robot ini bertugas menemukan pelanggaran ringan serta dan mengidentifikasi pelaku kriminal. K5 mampu bergerak sejauh 3 mil per jam.

Akan tetapi, karena alasan yang belum diketahui, K5 tiba-tiba meluncur menuruni tangga air mancur di tengah kantor dan mengambang. Akibat terjatuh, diperkirakan robot ini telah rusak secara permanen.

Russia Delivers Over 29 Tons of Humanitarian Aid for Gaza

Perusahaan pembuat K5, Knightscope, mengaku sedang menyelidiki insiden tersebut. Sebelumnya, Qatar membuat kendaraan patroli polisi yang mengemudi sendiri.

Kesatuan tersebut menandatangani perjanjian dengan perusahaan OTSAW Digital dari Singapura untuk pengadaan sistem "autonomous outdoor security robot" O-R3 sebelum penghujung tahun ini.

Pihak OTSAW mengakui O-R3 sebagai robot keamanan luar ruang permukaan dan udara pertama di dunia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya