Penjual Ingin Tahun Tren Belanja Online? Ini 4 Tips Google

Ilustrasi pelaku UKM.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Country Industry Head Google Indonesia, Henky Prihatna, memberikan empat tips bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) agar bisa maksimal berjualan di platform marketplace seperti Tokopedia.

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Pertama, karena Jakarta bukan lagi jadi pusat belanja online, maka UKM hendaknya memastikan pesan merek relevan dan menargetkan konsumen online di seluruh Indonesia.

Kedua, penjual harus berfikir lebih luas dari sekadar menjual, menjalin hubungan lebih erat dengan konsumen seiring waktu, agar dapat mengubah konsumen setia menjadi duta produk melalui program loyalitas dan promosi pelanggan.

Biaya Layanan Tokopedia Naik 9 Hari Lagi

"Lalu, penjual sebaiknya mengoptimalkan tampilan untuk aplikasi atau situs seluler (mobile friendly). Sebab, pengguna lebih banyak menggunakan platform lewat gawai (gadget). Memiliki situs yang buruk ibarat menutup pintu bagi pelanggan Anda," jelas Henky.

Terakhir, ia mengungkapkan, penjual sebaiknya mengedukasi konsumen tentang keuntungan berbelanja online. Henky juga menegaskan bahwa penjual jangan beranggapan semua orang tahu manfaat belanja online.

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Kecantikan Kian Diminati

"Pahami apa yang diinginkan konsumen Anda. Misalnya, pengiriman cepat atau garansi produk dan tampilkan manfaat tersebut secara jelas di situs dan aplikasi Anda," tuturnya.

Seperti diketahui, dari riset bersama Google dan lembaga riset Gesellschaft für Konsumforschung (GfK) diperoleh data porsi masing-masing kota yang berbelanja online adalah Surabaya (71 persen), Medan (68 persen), Jakarta (66 persen), Bandung (63 persen), Semarang (59 persen) dan Makassar (52 persen). (hd)

Ilustrasi kado

Kado Pernikahan Peralatan Rumah Tangga buat Sahabat, Pasti Bermanfaat

Kado pernikahan untuk pasangan yang akan menikah, biasanya lebih cocok diberikan kepada sahabat atau keluarga yang hubungannya sangat dekat.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024