Trik Jitu Shopee Hadapi Lonjakan Transaksi

Head of Operations Shopee Indonesia, Handhika Jahja.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lazuardhi Utama

VIVA.co.id – Semakin mendekati akhir tahun, bisnis jual beli online (e-commerce) Tanah Air mulai aktif menjajal promo diskon khusus lewat 'kampanye' belanja online.

Platform belanja online, Shopee misalnya. Mulai 25 September-10 Oktober 2017 menggelar kampanye belanja online bertajuk "10.10 Big Mobile Shopping Day".

Saat kampanye seperti sekarang tentunya bakal terjadi transaksi yang melonjak dari hari biasa. Apalagi, Shopee menawarkan diskon khusus hingga 90 persen.

Diikuti Persija dan PSM, ASEAN Club Championship Mulai Bergulir 17 Juli 2024

Head of Operations Shopee Indonesia, Handhika Tjahja, mengungkapkan, perusahaan memiliki trik jitu untuk mengantisipasi lonjakan transaksi saat kampanye belanja online.

"Ketika transaksi naik kami tentu ingin experience aman. Baik bagi pengguna maupun penjual," kata Handhika di Menara Mandiri, Jakarta Selasa 26 September 2017.

UMKM Indonesia Bisa dengan Mudah Dapatkan Sertifikasi Produk Halal

Ia mengatakan, hal yang krusial mengenai pembayaran dan logistik. Menurut Handhika, Shopee sudah jauh-jauh hari memastikan dengan merchant agar pembayaran dan pengiriman barang lancar, sehingga konsumen merasa puas dan aman.

Lalu, dari sisi server dan network, Handhika menyatakan Shopee sudah siap dengan infrastrukturnya sewaktu-waktu puncak lonjakan transaksi. "Kalau untuk event ini (10.10), biasanya puncaknya tanggal 10 Oktober atau hari terakhir," kata dia.

Tak hanya itu, Handhika juga membicarakan soal stok, di mana Shopee selalu memastikan kepada para merchant untuk update dan menyediakan stok barang.

"Last but not least, pelayanan. Kami harus tetap ramah meski ketika kampanye terjadi peningkatan transaksi bagi si penjual," ungkapnya.

Tahun lalu saja, kata Handhika, penjualan Shopee meningkat 3,5 kali lipat dalam sehari dengan penjual yang terlibat sebanyak 51 ribu merchant.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya