Axioo Venge X, Smartphone Lokal 4G dengan RAM 3GB

Axioo Venge X
Sumber :
  • Viva.co.id/Sarie

VIVA.co.id - Nama Axioo memang tidak asing lagi di telinga para penggemar gadget tanah air. Dia merupakan salah satu merek lokal yang masih bertahan hingga saat ini. Axioo pernah muncul dengan Picophone dan sekarang mencoba peruntungannya di smartphone jaringan generasi empat (4G LTE) dengan Venge.

Kebetulan Viva.co.id mendapatkan kesempatan menjajal varian tertinggi dari seri Venge, yakni Venge X. Ukurannya memang besar karena layarnya memiliki besaran 5,5 inci. Beratnya pun tidak terlalu ringan. Mungkin karena baterai berkapasitas 3.000 mAh yang diusungnya, yang diklaim mampu bertahan hingga 2 hari waktu siaga.

Desainnya cukup elegan dengan warna hitam yang dibalut materi alloy crystal diapit bingkai berbahan alumunium. Di bagian atas terdapat lubang untuk handsfree. Di samping kanan diletakkan tombol volume dan power, sedangkan di seberangnya terdapat tempat untuk memasukkan sim card yang harus dibuka dengan bantuan sebuah pin kecil yang dimasukkan ke dalam lubang. Sedangkan di bagian bawah terdapat lubang speaker, bersamaan dengan port charger.

Saat pertama kali dinyalakan, Venge X membutuhkan waktu booting sekitar 30 detik sejak tombol power ditekan. Layarnya langsung menunjukkan kecerahan karena dilengkapi dengan teknologi IPS HD Full Lamination dengan kejernihan 1280x720 piksel.

Untuk bergonta-ganti menu dan menjalankan jari ke layar sentuh pun tidak dibutuhkan waktu lama. Artinya, smartphone ini bisa digunakan untuk kepentingan multitasking karena dilengkapi dengan kapasitas RAM yang besar, sekitar 3GB. Dapur pacunya pun dipersenjatai dengan prosesor Octa-core 64 bit MT6753, berikut unit prosesor grafis (GPU) Mali-T720, membuat tampilan grafis yang lebih detil dan smooth.

Aplikasi Android di dalamnya memungkinkan pengguna untuk memainkan pilihan apa saja, berkat adanya sistem operasi Android versi 5.1 Lollipop. Bermain game, mengedit foto atau memutar video bisa dilakukan di smartphone tersebut dengan bantuan prosesor yang memiliki clock speed 1,5Ghz ARM Cortex-A53. Kesannya lebih responsif.

Yang terpenting dalam sebuah smartphone yang beredar di Indonesia adalah kemampuan kamera. Pengguna di Indonesia digandrungi tren selfie membuat kamera menjadi bahan pertimbangan utama saat membeli smartphone. Axioo Venge dilengkapi dengan kamera depan sebesar 5 megapiksel dan kamera utama berkapasitas 13 megapiksel.

Di dalamnya terdapat beberapa pilihan pengaturan, termasuk antishake, face detection, smile shot, dan Face Beauty. Beberapa mode kamera juga diaplikasikan di sini seperti Panorama (mengambil gambar situasi lingkungan secara keseluruhan, Motion Track (untuk mengambil gambar bergerak), dan Normal.

Pengambilan gambar di dalam ruang, dengan kondisi cahaya yang minim, bisa dilakukan dengan baik berkat bantuan lampu flash yang terletak berdampingan dengan kamera bagian belakang. Jika dilihat sekilas memang seperti satu flash saja, namun ternyata terdiri dari dua buah flash yang dipadukan sehingga kekuatan cahayanya cukup terang saat digunakan. Bahkan, bisa menerangi obyek yang letaknya sampai 2 meter.

Untuk performa dan kinerja mesin, kami mencoba mengujinya dengan software benchmark Antutu. Sedangkan untuk performa jaringan 4G LTE yang diusung, kami menguji menggunakan software Ookla dengan memanfaatkan jaringan 4G LTE milik XL Axiata.

Tablet Diminati, Axioo Lanjut Produksi Picopad Seri S

Uji benchmark Axioo Venge X

Laptop tablet Axioo, MyBook

MyBook, Notebook 2in1 ala Axioo

Bisa berubah dari laptop menjadi tablet

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016