Komputer Jinjing

Tiap iPad Terjual, Apple Untung US$ 200

VIVAnews - Menurut perhitungan analis Wall Street, setiap unit iPad yang terjual, Apple akan meraih keuntungan hingga 200 dolar AS, bahkan lebih. Keterangan tersebut diungkapkan Brian Marshall, dari BroadPoint AmTech, pada Computer World, seperti VIVAnews kutip, 2 Februari 2009.

Pasalnya, total harga komponen yang digunakan untuk membangun iPad termurah, yang memakai memori sebesar 16GB dan WiFi, jumlahnya hanya mencapai 270,5 dolar AS. Bahkan jika harga servis ditambahkan, total Apple hanya mengeluarkan biaya 290,5 dolar AS. Padahal iPad itu dijual seharga 499 dolar AS.

Untuk model yang lebih mahal, yakni versi 16GB dan berfitur 3G, ongkos produksinya cuma 306,5 dolar. Padahal produk tersebut dijual seharga 629 dolar AS.

Versi di atasnya, yakni 32GB dengan 3G, biaya produksinya memang mencapai 322 dolar AS. Tetapi produk itu dilepas ke pasar seharga 729 dolar. Ini merupakan selisih 55,1 persen. Margin keuntungan tersebut terhitung tinggi di industri teknologi.

Rata-rata margin iPad akan berada di kisaran 50 persen. Padahal Marshall memperkirakan Apple akan sanggup menjual hingga 7 juta unit produk tersebut di tahun 2010 ini.

Jika perhitungan Marshall akurat, Apple akan meraih pendapatan sebesar 1,5 miliar dolar AS, hanya dari iPad, tahun ini saja.

Meski demikian, angka tersebut hanya merupakan prediksi. Apple masih menghadapi berbagai tantangan dan biaya yang tidak tercantum dalam hitung-hitungan bill of materials (BOM) iPad. Lagi pula, belum tentu Apple akan sanggup mencari 7 juta orang yang akan membeli perangkat mahal tersebut di tahun ini.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi di Mapolda Jateng

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi merespons balihonya yang bertebaran di sejumlah titik di Jawa Tengah, yang dikaitkan dengan ancang-ancang di Pilkada Jateng

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024