Cara Mudah Mengubah Rumah Menjadi Smart Home

Ilustrasi smart home
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Akses internet saat ini sudah jauh lebih mudah, jika dibandingkan dengan zaman dahulu. Pengguna bisa terhubung melalui layanan seluler, atau WiFi yang tersedia di kantor.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Bahkan kini fasilitas internet kencang juga sudah banyak tersedia di rumah. Para penghuni dapat berselancar selama 24 jam, tanpa khawatir bakal kehabisan kuota.

Akses kecepatan yang tinggi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Salah satu contoh, yakni mengubah hunian menjadi smart home.

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Istilah smart home digunakan untuk menunjukkan bahwa banyak peralatan elektronik rumah tangga, yang bisa dikendalikan melalui dunia maya.

Misalnya, menyalakan lampu pada malam hari saat pemilik rumah masih berada di kantor. Atau memantau kondisi luar melalui Internet Protocol Camera.

Tega, Tentara Israel Suruh Keluarga Palestina Tinggalkan Ibunya yang Berusia 94 Tahun

Membangun smart home menjadi impian banyak orang saat ini. Tapi, permasalahannya adalah penyedia peralatan semakin banyak jumlahnya dan memiliki standar yang berbeda.

Alhasil, pengguna harus mengunduh banyak aplikasi untuk mengoperasikan setiap perangkat yang dipasang di rumah mereka.

Marketing Manager TP-Link Indonesia, Yoshia mengatakan bahwa solusi dari permasalahan itu adalah dengan menggunakan perangkat yang menggunakan aplikasi yang sama.

“Kalau menggunakan satu aplikasi itu akan jauh lebih mudah dan lebih efisien, karena bisa memantau dan mengontrol berbagai macam perangkat pintar di rumah,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 11 Mei 2021.

Aplikasi yang dimaksud adalah Tapo App, yang berfungsi seperti remote control untuk mengendalikan berbagai macam perangkat pintar seperti IP camera, smart plug dan smart bulb. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Playstore dan App Store.

Tapo adalah bagian dari TP-Link, yang khusus menawarkan berbagai perangkat smart home. Contohnya P100 Smart Plug, yakni steker pintar yang dapat mengubah perangkat elektronik biasa menjadi perangkat pintar.

Sementara, IP Cam C200 dan C100 dapat menangkap gambar yang jernih meski dalam keadaan gelap hingga jarak 9 meter, serta bisa mendeteksi gerakan.

Tapo menawarkan dua tipe smart bulb, yaitu L510E dan L530E Multicolor Smart Bulb yang dapat diatur sesuai dengan mood dan punya mode menyala otomatis sesuai jam brapa matahari terbit serta terbenam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya