Rumor: Apple Bersiap Akuisisi ARM

Steve Jobs
Sumber :
  • Silicon Alley Insider

VIVAnews - Ini rumor yang cukup mengkhawatirkan bagi para vendor pesaing iPhone. Apple dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk mengakuisisi perusahaan pemilik arsitek prosesor mobile terbesar di dunia: ARM.

Seperti dikutip dari situs Mashable, media lokal Inggris, London Evening Standard, mengabarkan kencangnya rumor yang berhembus, mengatakan bahwa Apple tengah mempertimbangkan untuk mengakuisisi ARM Holding, yang berlokasi di Cambridge, Inggris.

Menurut London Evening Standard, ARM Holdings kemungkinan bisa diakusisi oleh Apple seharga US$ 8 miliar atau sekitar Rp 72 triliun. Apple sendiri punya lebih dari US$ 40 miliar dalam kas cadangannya. Dan bila ini benar-benar terjadi, akuisisi ini akan sangat mempengaruhi konstelasi persaingan dunia smartphone.

Patut diingat, 70-80 persen dari seluruh perangkat mobile yang ada di dunia, mengadopsi teknologi ARM. Tak terkecuali chip yang dipakai di ponsel Nokia, Samsung, Sony Ericsson, Motorola, HTC, Android, hingga iPhone sendiri. Bahkan teknologi ARM juga sudah dipakai pada beberapa produk netbook.

Maka, akusisisi ini bakal menguntungkan posisi Apple karena mereka bisa mengendalikan teknologi-teknologi unggulan mana yang akan digunakannya sendiri untuk iPhone, dan menyerahkan teknologi lapis kedua kepada para vendor pesaing iPhone, termasuk Android.

Tentu, persetujuan akuisisi itu harus lolos terlebih dahulu oleh regulator AS serta regulator Eropa, yang biasanya lebih ketat untuk urusan monopoli. Tetap saja, vendor lain pantas khawatir bila mendengar rumor ini.

Google sendiri, sebagai pendukung utama Android, baru mengakuisisi Agnilux, sebuah perusahaan startup di bidang chip, yang diawaki oleh beberapa karyawan PA Semi. PA Semi adalah perusahaan chip yang diakuisisi Apple tahun lalu, untuk mendesain pengambangan prosesor untuk iPad maupun iPhone.

Karyawan-karyawan PA Semi memang dikabarkan hengkang, karena merasa kecewa dengan kompensasi yang ditawarkan oleh Apple. Akibatnya, Apple terpaksa musti mengakuisisi kembali sebuah perusahaan chip lain bernama Intrinsity. (wm)

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024