HTC dan O2 Rintis Penjualan Ponsel Tanpa Charger

Ilustrasi Charger Universal
Sumber :
  • engadget.com

VIVAnews - Cepatnya perkembangan industri seluler menjadikan banyak orang yang sering mengganti ponsel mereka dalam jangka waktu tertentu. Akibatnya, banyak sampah elektronik, sebab biasanya ponsel lama akan segera dibuang begitu mereka mendapatkan yang baru.  

Ini menyebabkan HTC dan O2 berencana menjual ponsel tanpa disertai charger. Penjualan ponsel tersebut rencananya akan dihadirkan sebelum akhir tahun. Ini dilakukan oleh O2 dan HTC sebagai bagian dari skema percontohan untuk mengurangi jumlah sampah baterai.

Menurut O2, 70 persen pelanggan yang membeli salah satu dari 30 juta
handset baru yang dijual di Inggris setiap tahun sudah memiliki charger yang sesuai dengan ponsel yang baru mereka beli. Konsekuensinya, lebih dari 100 juta charger tetap terpakai. Upaya ini sekaligus menghapuskan jumlah komponen yang diperlukan untuk menghasilkan charger.

O2 mengatakan langkah itu akan mengurangi kerusakan lingkungan lebih
lanjut, dengan membatasi jumlah kemasan dan transportasi yang diperlukan.

Sebuah charger untuk handset HTC (yang belum diketahui serinya) akan tetap tersedia untuk dibeli secara terpisah. Tetapi ponsel tersebut hanya akan hadir dengan USB yang terhubung dengan kabel Micro USB.

Seperti halnya tablet Kindle Amazon, pengguna akan dapat mengisi baterai ponsel tersebut melalui komputer atau dengan cara menghubungkannya ke pengisi daya yang sudah ada yang menampung sebuah port USB.

"Saya memiliki visi sederhana untuk O2. Kami ingin menghilangkan charger," kata Ronan Dunne, CEO O2 seperti yang dilansir laman Pocket-lint.

"Saat ini, O2 dengan HTC harus sendirian dalam hal ini. Kami berdua percaya penuh antusias bahwa kami tidak bisa menunggu industri secara keseluruhan untuk bergabung dengan kami dalam inisiasi ini," katanya.

Pihaknya berharap bahwa upaya inovasi tersebut dapat membuka jalan bagi orang lain untuk mengikuti inovasi ini. "Ini harus menjadi upaya bersama jika kita ingin mencapai tujuan yang lebih besar untuk menghilangkan penjualan pengisi daya dalam setiap ponsel baru di Inggris," ucapnya.

O2 sebelumnya telah memperjuangkan gerakan menuju charger ponsel universal, namun keberhasilan upaya tersebut masih terbatas.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Sepertinya, inovasi ponsel tanpa baterai akan disambut oleh perusahaan
handset karena dapat menekan pengeluaran mereka. (ren)

Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024