Material Ini Bikin Layar Smartphone Antipecah

Layar smartphone yang baru ditemukan
Sumber :
  • cellular-news.com
VIVAnews
Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi
- Peneliti materi polymer dari University of Akron menemukan material baru untuk layar gadget. Material ini dijamin akan membuat layar gadget apapun tidak akan pecah, termasuk smartphone atau tablet.

Jokowi: Prabowo-Gibran Harus Siapkan Perencanaan untuk Wujudkan Janji Kampanye

Kebanyakan vendor gadget menggunakan material kaca bening pada smartphone atau tabletnya untuk menghadirkan tampilan yang jernih. Sayangnya, kaca mudah pecah dan tidak tahan banting.
Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang


Dilansir
Cellular News
, Minggu 8 Juni 2014, Yu Zhu dari University of Akron mengklaim telah mengembangkan elektroda transparan yang mengubah layar smartphone menjadi antipecah. Ia memperlihatkan lapisan transparan dari elektroda pada permukaan polimer yang kuat tapi fleksibel. Saat diuji coba, material itu tidak mengalami goresan atau pecah sekalipun.


"Ini bisa menjadi layar alternatif pengganti layar sentuh konvensional," ujar Yu Zhu.


Material baru yang hemat biaya merupakan faktor yang mendukung kebutuhan untuk mengganti teknologi layar konvensional. Saat ini layar konvensional didominasi oleh kaca dan indium-tin oxide (ITO). Selain hemat biaya, material baru yang transparan itu juga harus fleksibel dan konduktif. Zhu yakin jika material baru yang ia temukan itu memiliki transparansi yang sama dengan ITO, namun dengan konduktivitas yang lebih baik.


Material baru itu mampu mempertahankan bentuk dan fungsionalnya setelah dites berkali-kali. Tes yang dilakukan adalah melipat dan menekuk materi sebanyak 1.000 kali. Saking fleksibelnya, elektroda transparan itu bisa diproduksi secara ekonomis, yaitu dalam ukuran gulungan yang panjang dalam kuantitas massal.


"Kami harap material layar baru ini bisa masuk ke pasaran untuk menyaingi material layar ITO. Kekhawatiran akan layar ponsel yang mudah pecah kini dapat diatasi dengan ini," kata Zhu.


Temuan para ilmuwan polimer ini dipublikasikan dalam jurnal American Chemical Society berjudul
A Tough and High-Performance Transparent Electrode from a Scalable and Transfer-Free Method
. Penelitian ini dilakukan oleh Zhu, mahasiswa lulusan University of Akron, bersama dengan Tianda He, Aozhen Xia dan Darrell Reneker yang juga profesor ilmu polimer di University of Akron. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya