Survei: Windows, Penyelamat Kebangkitan PC Dunia

Logo Windows 8.1
Sumber :
  • microsoft.com
VIVAnews - Perusahaan riset global, Gartner, mengatakan sistem operasi Windows bisa menjadi penentu untuk kembalinya kejayaan PC di seluruh dunia.
MK Sebut Sidang Sengketa Pileg Dimulai 29 April 2024

Hasil survei Gartner yang dipublikasikan kemarin itu mengatakan pada 2015, pengiriman PC dunia akan mencapai sekitar 317 juta, meningkat perkiraan 308 juta pengiriman PC pada tahun ini. 
Indonesian Rupiah Exchange Rate Increases

Dilansir PC World, Selasa 8 Juli, Direktur Riset Gatner, Ranjit Atwal mengatakan kebangkitan pasar PC akan didorong dari upgrade atau pembaharuan sistem operasi Windows di PC. 
PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Sebagaimana diketahui, Microsoft memutuskan lagi tak mendukung Windows XP. Atwal memperkirakan ada sekitar 60 juta PC yang bakal memperbaharuai sistem operasi Windows. 

Dari angka yang akan melakukan upgrade itu, sebagian besar merupakan PC kalangan bisns. Kalangan ini dianggap lebih memilih upgrade ke Windows 7 dibandingkan adopsi Windows 8, yang lebih cocok untuk sistem operasi tablet. 

Melihat momentum ini, Gartner mengusulkan agar Microsoft merilis sistem operasi PC terbaru tahun depan, sebagai sistem operasi bisnis untuk pengganti Windows 7.

Survei Gartner mencatat, pengiriman seluruh perangkat komputasi yang meliputi ponsel pintar, PC dan tablet akan menembus 2,4 miliar perangkat pada tahun ini. Angka itu naik 4,2 persen dibanding pengiriman tahun sebelumnya. Pada 2015 diperkiraan, pengiriman perangkat menembus 2,6 miliar. 

Tablet salip PC

Gartner juga mencatat, dalam setahun mendatang, pamor tablet bakal melampaui PC. Lembaga riset itu memproyeksikan pengiriman tablet pada tahun ini meningkat menjadi 256 juta unit, naik dari pengiriman 207 juta unit pada tahun lalu. Pada 2015, pengiriman tablet akan menembus 321 juta, melampaui pengiriman PC. 

Data lain, untuk pengiriman ponsel seluruh dunia pada tahun ini diperkirakan mencapai 1,86 miliar unit, naik 3,1 persen dari tahun lalu. Pertumbuhan jumlah ponsel juga akan terus naik, Gartner memprediksi pada 2015 pengiriman ponsel mencapai 1,95 miliar unit. 

Sedangkan dari sisi sistem operasi, Gartner mengatakan sistem operasi makin populer diinstal pada 1,17 miliar perangkat yang dikapalkan tahun ini. Angka adopsi itu meningkat 30 persen dari tahun lalu. 

Untuk sistem operasi besutan Apple, akan diperkirakan akan dipasang pada 271 juta perangkat mobile dan PC Apple yang akan dikapalkan pada tahun ini. 

Angka sistem operasi Apple itu meningkat 15 persen dari tahun lalu. Sistem operasi PC dan mobile Windows diperkirakan tahun ini terpasang pada 333 juta perangkat, naik dari 326 juta perangkat tahun sebelumnya. 

Pada 2015, Windows akan menyalip adopsi dari iOS dan Mac Apple. Diperkirakan adopsi sistem operasi Windows total mencapai 373,7 juta perangkat sedangkan Apple hanya 301,4 juta perangkat. Gartner mencatat Android masih menjadi sistem operasi dominan dengan adopsi 1,37 miliar perangkat yang dikirimkan pada tahun depan. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya