Nokia Rilis N1, Tablet Mirip iPad

Tablet Android Nokia N1
Sumber :
  • REUTERS/Heikki Saukkomaa/Lehtikuva

VIVAnews - Nokia membuktikan eksistensinya masih ada dalam persaingan pasar perangkat mobile. Meski divisi mobile telah diakuisisi Microsoft, Nokia tetap unjuk gigi dengan merilis tablet baru, Nokia N1.

Diketahui konsekuensi akuisisi divisi mobile, brand ponsel pintar Lumia, kini telah mendepak nama Nokia dari produk itu. Lumia kini menggunakan nama Microsoft, sebagai pemilik anyar divisi mobile.

Tapi Nokia tak mati kutu. Melansir Brightsideofnews, Rabu, 19 November 2014, meski telah kehilangan divisi mobile-nya, Nokia ternyata masih memiliki hak atas penggunaan nama brand Nokia. Nah untuk membuktikan tajinya, Nokia merilis tablet dengan brand tersebut.

Tablet N1 hadir dengan bentang layar besar itu dianggap sebagai permulaan perangkat baru dengan brand dan teknologi ikonik di bawah Nokia.

Namun melansir The Verge, dalam merilis produk tablet itu, Nokia tak sendirian. Perusahaan asal Finlandia itu menggandeng mitra produsen, Foxconn.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Bahkan desain, antarmuka dan nama brand dilisensikan ke Foxconn. Perusahaan asal Taiwan itu memproduksi dan mensitribusikan tablet serta memungkinkan mengambil keuntungan dari penjualan N1. Hal ini menimbulkan spekulasi tablet N1 bukan milik Nokia sepenuhnya.

Tablet N1 ini hadir secara berbeda dengan peluncur khusus, Z Launcher besutan Nokia, menjalankan Android 5.0 Lollipop.

Dari segi tampilan, layar 7,9 inchi N1 memiliki resolusi 2048 x 1536 piksel, kamera utama 8 MP yang mampu merekam kualitas video 1080 piksel, kamera depan 5 MP.

Tablet baru ini dilengkapi dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 32 GB, mikro USB, baterai 5300 mAh. Sebagai pendukung kinerja, N1 dipersenjatai dengan prosesor 22 nanometer Intel Atom quad core.

Seluruh tablet dibungkus dengan alumunium, yang sama dengan tablet andalan Apple, iPad.

Terkait kemiripan dengan iPad, Kepala Bisnis Produk Nokia Technologies Sebastian Nystrom mengelak bahwa produk terbaru itu menjiplak iPad. Nokia berdalih menghadirkan inovasi terbaik pada produk dengan layar besar.

"Ketika Anda membuat produk dengan tampilan besar. memang banyak yang mirip. Ada banyak cara untuk membuat produk ini dan kami melengkapi antarmuka alami. Jadi kami menciptakan desain kami," ujar dia.

Nystrom menambahkan N1 dirancang oleh tim insinyur, desainer, manajer proyek yang solid, Para ahli itu disebutkan telah memainkan peran dalam membangun reputasi desain produk Nokia yang kuat.

Meski ada kemiripan dengan iPad, tapi ada keraguan pasar akan merespons kembaran iPad yang menjalankan Android.

Tablet N1 anyar it disebutkan berharga US$249 dan akan mulai dipasarkan di Tiongkok pada awal 2015.

Baca juga:

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang

Kemnaker Menyatakan Kepada Pengusaha yang Telat Bayar THR akan Dikenai Denda 5 Persen

Kemnaker menyatakan bahwa pengusaha yang terlambat membayar Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan kepada pekerja/buruh akan dikenai denda sebesar 5 persen.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024