Indonesia Digempur Produsen Personal Audio Premium

Personal Audio headset earphone
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus
VIVA.co.id
Pakar Teknologi Akustik ITB Diklaim Dilibatkan di KAA
- Para produsen personal audio ternama dunia menggempur pasar Indonesia secara bersamaan. Merek-merek yang dimaksud adalah Astell & Kern, Audeze, Aurisonic, dan Master & Dynamic.

Pembunuh Sadis Ibu dan Anak di Palembang Ditangkap, Ini Tampangnya

Untuk Astell & Kern, produk yang diandalkan adalah hi-res digital audio player, AK240SS untuk dipasarkan di tanah air. Dijelaskan, produk tersebut diproduksi dari bahan stainles steel murni sehingga memberikan nilai elegan.
Kia Bakal Luncurkan Mobil Listrik Harga Terjangkau Tahun InI


AK204SS merupakan terobosan dari Astell & Kern yang dirancang secara khusus. Perangkat ini dilengkapi dual DAC (Digital to Analog Converter) yang diklaim dapat menghasilkan kualitas suara terbaik. Selain dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan hingga 256GB, perangkat ini juga dianggap mampu menjalankan file dengan format DSD (Direct Stream Digital).


Brand Audeze mencoba menghadirkan Audeze EL-8, perangkat yang murni diproduksi di Amerika Serikat. Di dalamnya diklaim telah ditanam teknologi terbaru, seperti Fluxor Magnetic Technology untuk meningkat efisiensi suara, serta Uniforce Diapgram Tehcnology yang terbukti mengurangi distorsi dan meningkatkan resolusi suara.


Sedangkan, Aurisonic menghadirkan earphone tangguh dengan desain menyerupai roket. Diklaim, kabel yang digunakan pada perangkatnya ini terbuat dari kevlar, sehingga dijamin takkan cepat putus meski ditarik sekuat mungkin.


Earphone yang dinamai Aurisonic Rockets ini juga dirancang tahan air hingga mencapai level IP65. Produk andalannya ini dilengkapi dengan 5.1 milimeter micro-dynamic sehingga mampu menghasilkan suara kaya dan detil.


Sementara, Master & Dynamic yang terbilang baru di ranah personal audio. Produsen asal New York ini ingin mengagresi pasar tersebut dengan empat model yang terdiri dari dua headphone dan dua earphone.


Empat model yang dimaksud, yaitu MH40 dan MH30 untuk kategori headphone, ME03 dan ME01 untuk kategori earphone. Semua produk tersebut dirancang dengan material premium, seperti genuine leather, stainless steel, dan alumunium sebagai inti konstruksinya.


Total produk yang dihadirkan harganya cukup variatif, dari jutaan hingga puluhan juta. Untuk AK240SS dibanderol Rp39,999 juta, Audeze EL-8 dihargai Rp11,199 juta, Aurisonics Rockets dijual Rp3,599 juta.


Untuk produk-produk Master & Dynamics yaitu MH30 dibanderol Rp4,998 juta, MH40 mencapai Rp5,888 juta, ME01 sebesar Rp2,180 juta, dan ME dihargai Rp2,388 juta.


Distribusi yang Luas


Dalam memasarkan perangkat audio tersebut di tanah air, pemilik keempat merek audio premiu itu mempercayakannya kepada jaringan distribusi Trikomsel.


"Seiring berkembangnya komunitas penikmat high-end audio di Indonesia, kami yakin produk-produk yang kami distribusikan akan diterima baik oleh semua kalangan pencinta musik dan audiophiles. Terlebih lagi dengan makin banyaknya smartphone baru yang mempunyai kualitas audio beresolusi tinggi. Kami melihat adanya peningkatan kebutuhan konsumen akan aksesoris audio berkualitas tinggi," tutur Presiden Direktur Trikomsel, Sugiono Wiyono di Traffique Coffe, Jakarta, Rabu 22 April 2015.


Sebelumnya, tak hanya soal smarphone, Trikomsel juga cukup berpengalaman pada distribusi personal audio. Sejak September 2014 lalu mereka menyelenggarakan acara Ultimate Sound Fair (USF), pameran high-end personal audio terbesar di Indonesia. Selain itu juga, Trikomsel membuka toko khusus untuk menjual produk-produk perangkat audio tersebut dengan nama Soundwave.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya