Intel Percepat Transisi ke 32 Nanometer

VIVAnews - Intel Corp. berencana untuk memulai transisi ke teknologi produksi 32 nanometer lebih cepat dibanding jadwal sebelumnya. Tampaknya, perusahaan pembuat prosesor terbesar itu ingin secara agresif mempromosikan prosesor dengan kode nama Clarkdale mereka di kuartal keempat 2009 dengan menjualnya langsung dalam kuantitas besar sekitar satu kuartal lebih cepat.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Intel akan mulai menjual mikroprosesor dual core 32 nanometer dengan cache sebesar 4MB, Hyper-Threading, kontroler memori dual channel DDR3 dan core grafis terintegrasi untuk komputer mainstream desktop. Clarkdale sendiri merupakan prosesor yang menggunakan basis mikroarsitektur Westmere.

Berhubung prosesor Clarkdale memiliki kontroler memori, core grafis, dan juga interkoneksi PCI Express di dalamnya, maka sistem yang memanfaatkan prosesor ini tidak membutuhkan GMCH atau yang biasa disebut dengan chip northbridge pada motherboard. Dengan demikian, prosesor akan langsung terhubung dengan chip platform controller hub (PCH) Intel 5 series (dengan kode nama Ibexpeak) yang mengandung kontroller harddisk, jaringan, interface fisik, PCI, dan perangkat input/output lainnya.

Seperti VIVAnews kutip dari DigiTimes, 3 Juli 2009, sejumlah produsen motherboard menyebutkan prosesor Clarkdale akan mencakup 10 persen dari seluruh penjualan mikroprosesor OEM desktop di kuartal keempat 2009. Dan pada kuartal pertama 2010, market share Clarkdale diperkirakan akan meningkat sampai 20 persen.

Meski core grafis yang digunakan pada Clarkdale masih berteknologi 45 nanometer, menurut sejumlah analis, langkah mempercepat peralihan ini cukup agresif dan dapat menjurus ke tingginya angka kegagalan produk pada proses 32 nanometer tersebut. Intel sendiri belum memberikan komentar resmi seputar hal ini.

Jeno NCT

Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui

Jeno NCT kini tengah bahagia karena ia sedang berulang tahun tepat pada Selasa, 23 April 2024. Jeno yang memiliki nama panjang Lee Jeno ini sudah menginjak usia 24 tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024