Nikon 1 J5 Jadi Andalan Raih 25 Persen Pasar Mirrorless

Nikon 1 J5
Sumber :
  • Agus Tri Haryanto/Viva.co.id

VIVA.co.id – Nikon mengumumkan perilisan dua produknya di dua segmen berbeda, yakni Nikon Digital SLR D5 untuk kalangan profesional dan Nikon 1 J5, sebuah kamera mirrorless yang disasar untuk kalangan pemula.

Berkah Digitalisasi untuk Content Creator dan Filmmaker

Marketing Manager Nikon, Larry Handra, mengatakan dua produk yang baru diperkenalkan tersebut yakin dapat merebut masing-masing segmen pasar.

"Nikon DSLR D5 untuk fotografer profesional, seperti untuk wedding, kalau Nikon 1 J5 diperuntukkan bagi mereka yang pertama menggunakan kamera. Terlebih, kamera mirrorless ini untuk jadi kamera kedua bagi pengguna DSLR yang tak ingin bawa kamera berat. Jadi tidak ganggu," ujar dia ditemui di Jakarta, Selasa, 19 April 2016.

Kamera Mirrorless untuk Content Creator hingga Videografer, Bisa Live Streaming

Larry mengungkapkan, kedua produk ini diharapkan dapat menjadi penegas Nikon untuk terus menguasai pasar DSLR dan kamera mirrorless di Indonesia. Disebutkan Larry, saat ini Nikon menguasai 42 persen market share DSLR.

Sedangkan untuk kamera mirrorless, dikatakan Larry, kalau sekarang perusahaan asal Jepang itu menguasai pasar sebesar 15 persen.

Ada Kabar Sedih dari Nikon

"Kita tahu, di pasar kamera sudah cukup kuat dari produk empat brand, yakni Fujifilm, Sony, Canon, dan Nikon. Tahun ini dengan J5 kita harap dapat menguasai 25 persen market share," jelas Larry.

Spesifikasi

Mengenai spesifikasinya, D5 memiliki pengaturan ISO hingga tiga juta dan fitur menarik lainnya, misalnya sistem auto-focus, kemampuan merekam dengan resolusi 4K, tingkat resolusi 20,8 megapiksel. Bahkan, kamera profesional ini memungkinkan dapat menangkap 12 frame per detiknya dan merekam di resolusi 4K 30fps.

Selain itu, D5 mempunyai 153 titik autofocus. Di dalamnya terdapat 2,36 juta dot warna, dengan view finder yang dapat diperbesar hingga 0,72 kali. Bagi perangkat memori, D5 menggunakan dua slot kartu memori XQD atau dua slot memori jenis CF.

Lalu, di Nikon 1 J5 tersemat layar ukuran tiga inci yang bisa diputar hingga 180 derajat sehingga dapat memanjakan para penyuka swafoto. Untuk lensanya, mirrorless generasi kelima Nikon ini memiliki lensa 30-100 mm yang setara 81-270 mm dari kamera DSLR.

Dengan ukuran sensor 1 inci dan crop factor 2,7 kali dan resolusi 20,8 megapiksel membuat hasil gambar semakin tajam. Apalagi didukung dengan image processor menggunakan expeed 5A. Hasilnya, kamera satu ini dapat menghasilkan mengambil gambar 60 frame per detiknya.

Ketersedian harganya sendiri, Nikon membanderol D5 sebesar US$6.500 dan Nikon 1 J5 dengan harga US$500.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya