Mainan Robot Mini Kendali Lewat Ponsel Kini Dijual di RI

Robot mainan BB8 yang muncul di Film Star Wars
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Pengembang robot pintar yang dikendalikan, dimainkan serta dikendalikan lewat aplikasi di smartphone, Sphero, resmi meluncurkan tiga mainan robot yang bisa menggelinding dan melompat. Ollie, SPRK dan BB8 adalah tiga mainan robot keren dengan teknologi canggih yang bisa dikendalikan lewat smartphone. Untuk penyaluran ke pasar Indonesia, Sphero menjalin kerja sama dengan distributor robotik, Halo Robotics.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)
Direktur Halo Robotics, Eli Moselle, menyatakan, optimis ini bisa laris di Indonesia. Mereka beralasan, menyasar Indonesia karena angka pengguna smartphone akan semakin bertambah.
 
Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan
"43 persen (penduduk Indonesia)  punya smartphone sebelum tahun 2017, maka artinya (Indonesia) siap untuk Sphero," ujar Eli saat pemaparannya di acara peluncuran varian robot mainan Sphero di Metro, Pondok Indah Mall, Jakarta, Rabu 4 Mei 2016.
 
Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure
Direktur Sphero untuk Asia Pasifik, Aurelien Joly mengatakan, untuk Ollie merupakan robot si pemberontak. Berbentuk tabung, Ollie mampu melaju dengan kecepatan hingga 22,5 kilometer per jam. Lalu, SPRK, robot mainan bentuk bulat dengan kerangka transparan, ketika dipadukan dengan aplikasi Lighting Lab yang mampu mengajarkan dasar-dasar pemrograman lewat aktivitas Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM).
 
Sedangkan, BB8 hadir dengan bentuk bulat, tapi dengan sedikit kepala. BB8 seperti boneka salju. Robot ini sudah dikenal dalam film Star Wars The Force Awakens.
 
Pria yang akrab disapa AJ itu mengatakan, BB8 sebenarnya telah hadir di Indonesia lebih dulu. Pada dasarnya mainan yang 'hobi' menggelinding tersebut seluruhnya dikendalikan dari smartphone dengan aplikasi yang diunduh di Play Store.
 
"Indonesia dikenal di seluruh dunia. memiliki antusiasme yang besar terhadap teknologi baru," kata Joly.
 
http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/04/5729cc55506f6-robot-mainan-sphero_663_382.jpg
 
Selain diciptakan menggelinding dan melompat, Joly mengatakan robot tersebut akan diaplikasikan dengan game lainnya. Jadi dengan robot yang nyata, lalu dipadukan dengan permainan berbasis aplikasi.
 
"Seperti game zombie, jadi robot diarahkan pada zombie di layar, dan robot bergerak seperti menggelinding zombie," katanya.
 
Joly menambahkan, untuk target penjualan, perusahaan robotik asal Amerika Serikat itu tidak menargetkan jumlahnya, tapi mereka menargetkan laku sebanyak-banyaknya.
 
Sales Director Halo Robotics, Johannes Soekidi menuturkan, untuk Ollie tersedia dua warna, biru putih dengan harga Rp1,8 juta, untuk versi warna ahitam dijual Rp2,3 juta-an. Kemudian SPRK dibanderol dengan harga Rp2,3 juta-an juga dan BB8 dijual Rp2,9 juta-an.
 
"Untuk sekarang, kita khusus sediakan di Metro Department store. Ada di toko mainan, seperti Toys City dan Toys Kingdom. Untuk gadget di Erajaya," ujar dia.
 
(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya