VIDEO: Dikembangkan, Ponsel Bisa Merakit Diri

Ponsel yang bakal dirakit
Sumber :
  • www.mashable.com

VIVA.co.id –  Peneliti Self-Assembly Lab Institut Teknologi Massachusetts (MIT) Amerika Serikat, berhasil mengembangkan purwarupa ponsel yang bisa merakit sendiri. Menariknya, proses perakitan dari rangkaian ponsel menjadi ponsel seutuhnya bisa dilakukan dalam waktu kurang dari semenit.

Pendiri Android Pamer Ponsel Baru, Jangan Kaget Antimainstream Banget

Dikutip dari Mashable, Selasa 23 Agustus 2016, purwarupa peneliti MIT itu akan terus dikembangkan. Peneliti MIT yang mengerjakan purwarupa itu, Skylar Tibbits mengatakan, konsep ponsel yang bisa merakit diri bisa menjadi nyata, terlebih saat ini sudah muncul tren ponsel pintar modular.

"Saat ini, ponsel merakit sendiri itu telah ditentukan dan kami menggunakan proses ini untuk merakit ponsel," kata Tibbits dikutip dari Fast Company.

Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Maps

Dalam uji coba konsep ponsel yang bisa merakit diri itu, peneliti menggunakan tiga ponsel yang mana masing-masing terdiri dari tiga bagian. Enam kepingan itu kemudian ditempatkan pada sebuah wadah gelas khusus. Selanjutnya enam bagian ponsel itu dikocok dengan cepat dengan tujuan menyatukan semua bagian itu menjadi satu. Untuk membantu menyatukan bagian ponsel itu, peneliti meletakkan sebuah magnet di dekat enam bagian ponsel itu.

Magnet dirancang tidak akan menghentikan proses perakitan atau merusak bagian ponsel. Dan dalam video yang diperlihatkan, kurang dari semenit, kepingan ponsel itu bisa merakit diri dan akhirnya menjadi ponsel seutuhnya.

Wow, Siswa SMA Sulawesi Selatan Ini Suaranya Mirip Google Assistant
Kalkulator menjalankan sistem operasi Windows 10 IoT

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Dilakukan oleh pengembang independen.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2019