Pastikan Penuhi TKDN, Galaxy A Dirakit di Indonesia

Samsung perkenalkan Seri Galaxy Terbaru
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Samsung baru saja meluncurkan tiga seri produk Galaxy A, yaitu Galaxy A3, A5 dan A7. Keunggulan ketiga seri Galaxy A tersebut tahan air dan debu.

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

Selain itu, ketiga perangkat sudah mendukung jaringan 4G LTE. Seperti diketahui, perangkat 4G memiliki aturan terbaru untuk bisa dipasarkan di Indonesia yakni Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) harus 30 persen pada Januari 2017.

Vebbyna Kaunang, selaku IM Marketing Director Samsung Electronics Indonesia, mengungkapkan bahwa proyek baru Samsung ini sudah sesuai dengan aturan pemerintah.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

"Aturan yang ada kami comply, kami ikuti, sesuai aturan saja," kata Vebby saat ditemui di Kawasan SCBD, Jakarta, Rabu, 1 Februari 2017.

Vebby menjelaskan, sejak aturan TKDN diturunkan, Samsung sudah memiliki pabrik di Cikarang dan punya software development tim di Indonesia.

Catat Kemunculan Samsung Galaxy S24 FE ke Publik

"Galaxy A3, A5 dan A7 dirakit di Indonesia," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Perindustrian mengatur ulang penghitungan porsi Tingkat Kandungan Dalam Negeri untuk smartphone 4G LTE. Yakni TKDN harus 30 persen pada Januari 2017.

Dalam penghitungan baru itu dibuat lima skema komposisi TKDN smartphone 4G LTE. Skema pertama berupa 100 persen TKDN perangkat keras (hardware) dan nol persen perangkat lunak (software). Kedua, 75 persen hardware dan 25 persen software.

Ketiga, 50 persen hardware dan 50 persen software. Keempat, 25 persen hardware dan 75 persen software. Terakhir adalah nol persen hardware dan 100 persen software. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya