Cara Saudi Sambut Ramadan, Terbangkan Ratusan Drone

Ilustrasi drone.
Sumber :
  • www.pixabay.com/MabelAmber

VIVA.co.id – Dalam menyambut bulan suci Ramadan, Badan Layanan Umum Hiburan Arab Saudi (The General Authority for Entertainment/GEA) menerbangkan 300 unit pesawat tanpa awak (drone) yang dilengkapi cahaya lampu di langit Jeddah.

Ternyata Ini Alasan Rumy Al Qahtani Ikut Miss Universe 2024 Wakili Arab Saudi

Pertunjukan cahaya tersebut digelar pada Sabtu malam, 27 Mei lalu, yang menampilkan pesan perayaan yang tujuannya menyenangkan penduduk kota dan masyarakat Arab Saudi dengan menyediakan sarana hiburan yang paling inovatif.

Drone terbang ke langit dengan membentuk tulisan "Ramadan" dalam bahasa Arab, lalu diikuti oleh lambang otoritas yang ditampilkan dengan variasi warna.

Pangeran MBS Bangun Resor Mewah NEOM di Atas 'Darah' Warga Saudi

"Kami menampilkan pertunjukan cahaya yang melayang di atas langit Jeddah. Drone akan tampil selama lebih dari empat menit pada hari pertama puasa sebagai sarana untuk memberi selamat kepada penduduk kota dengan cara yang paling inovatif dan menarik," kata seorang juru bicara GEA, seperti dikutip situs Arabnews, Senin, 29 Mei 2017.

"Ide mutakhir ini dibuat untuk ditampilkan agar bisa dilihat semua orang. Teknik yang belum pernah dilihat orang sebelumnya di wilayah MENA, menyalakan drone yang menempa karya-karya indah yang tinggi di atas agar bisa dilihat semua orang".

Wapres Maruf soal Jemaah Umrah RI Ditangkap di Arab: KJRI Sudah Bantu Advokasi

Tak pelak, pertunjukan cahaya ini membawa kekaguman karena menarik perhatian keluarga yang menikmati waktu mereka setelah berbuka puasa dan bersantai di Corniche Al-Hamra. Seorang keluarga asal Mesir mengaku sangat senang dengan perayaan ini, dan bercerita bagaimana pesawat tak berawak melaju cepat lalu membentuk salam.

"Saya belum pernah melihat yang seperti itu. Ini adalah isyarat sederhana namun sangat ramah dan sebagai penduduk Jeddah selama lima tahun. Ini adalah pertama kalinya saya melihat pertunjukan mengagumkan," kata Mansour Ahmed.

Ahmed mengaku jika pemerintah Arab Saudi sedang melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam menyediakan lebih banyak fasilitas hiburan. "Menurut saya ini adalah buktinya," ungkapnya.

Pertunjukan ini bagian dari Visi 2030 Arab Saudi yang akan menggunakan metode teknologi terbaru dalam memberikan hiburan terbaik. Selain itu, GEA juga mengumumkan akan ada sejumlah acara terkait Ramadan di berbagai wilayah dan kota di Arab Saudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya