Tiga Solusi Vendor Printer untuk Industri Kreatif

Gedung Astra Graphia
Sumber :
  • astragraphia.co.id

VIVA.co.id – Dunia digital tidak hanya membuat semua hal menjadi lebih efisien dan efektif tapi juga harus lebih kreatif dan mampu menghemat pengeluaran. Tidak heran jika kemudian industri cetak pun dituntut untuk mengikuti perkembangan industri kreatif.

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

Dalam industri pencetakan, pengguna membutuhkan solusi pencetakan dan editing secara mobile, dimana saja dan kapan saja. Ditambah dengan media pencetakan yang out of the box agar bisa menjadi daya jual bagi UKM. Untuk itu, Astragraphia mengaku telah memiliki jawabannya.

"Saat ini, industri printing sudah memasuki era digital. Kami berkomitmen memajukan industri kreatif nasional, salah satunya melalui inovasi cetak, yang dapat menghubungkan mesin printing ke semua peranti, mulai dari laptop, kamera, hingga smartphone.” ujar Arifin Pranoto, Direktur PT Astra Graphia Tbk, dalam keterangannya, Jumat, 9 Juni 2017.

Ini Dia Bagaimana Pencetakan 3D Bisa Membantu Banyak Bisnis Indonesia

Astragraphia dan Fuji Xerox punya solusi cetak kreatif.

Dikatakan Arifin, bagi skala perusahaan menengah (UKM) dan startup, Astragraphia Document Solution punya banyak aplikasi kreatif. Beberapa di antaranya, solusi print di mana saja dan kapan saja dari Kligme.

Inovasi untuk Membantu UMKM di Indonesia

Solusi print untuk media mug, dan solusi editing foto DOCUpix bagi para fotografer. Sedangkan, bagi perusahaan besar, Arifin mengaku, solusi dari perusahaannya mampu melakukan penghematan biaya pengeluaran secara efisiensi hingga 30 persen bahkan lebih.

"Dengan varian aplikasi ini diharapkan dapat menggairahkan pelaku industri kreatif agar mereka terus berkarya dan berinovasi, sehingga dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional," tuturnya.

Kligme

Untuk solusi print mobile, pengguna dimudahkan dengan cukup mendatangi mesin multifungsi Fuji Xerox dan Kligme di lokasi tertentu. Sambung dengan jaringan atau wifi Kligme dan lakukan pembayaran melalui cashless transaction secara mandiri.

Mug Print

Hanya dengan printer Color Fuji Xerox, pengguna dapat mencetak di kertas khusus dan ditempelkan pada media mug. Solusi kreatif sederhana yang mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) dan start up.

Solusi DOCUpix

Usai menyimpan hasil foto di dalam komputer/laptop atau di upload pada akun sosial media saja, tantangan berikutnya adalah melakukan desain layout foto menjadi sebuah album foto.

DOCUpix adalah software aplikasi yang memudahkan pengguna untuk dapat menyusun dan mengatur photobook-nya sendiri tanpa harus memiliki kemampuan olah photoshop atau in- design, untuk kemudian di cetak pada media dan ukuran album yang beragam.

"Pada kesempatan ini, komunitas fotografer pun sudah menggunakan sorftware aplikasi DOCUpix untuk membantu mereka," kata Arifin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya