Siswi SMAN 3 Malang Bikin Robot Pemilah Sampah

Robot pemilah sampah, Smartbin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Membuang sampah pada tempatnya saja masih banyak yang sulit melakukan, apalagi harus memilah sampah dan memasukkan ke dalam wadah yang tepat. Namun, barangkali dalam beberapa tahun ke depan, Anda sudah tidak perlu bingung melakukannya. Sebab tiga orang pelajar SMA asal Malang, Jawa Timur menemukan salah satu solusinya.

PNM Hadirkan Kembali MEA 2023 Dukung Karya Anak Bangsa

Pavita Ardhani Sugiharto Putri, Feby Nadya Sabrina dan Lintang Cahyaning Putri dari SMAN 3 Malang membuat robot pemilah sampah, Smartbin. Robot yang diciptakan mempermudah Anda memilah sampah. Sampah tersebut dikategorikan dalam tiga jenis yaitu organik, anorganik (metal dan non-metal) dan sampah lainnya.

"Kami melihat masih banyak orang yang tidak membuang sampah sesuai kategorinya meskipun tempatnya sudah dibeda-bedakan. Karena itulah kami membuat Smartbin," ujar Pavita saat ditemui di gelaran L'Oréal Science Fair 2017 #TernyataSainsKeren di Gedung A Kemendikbud, Jakarta, Rabu 26 Juli 2017.

Vape Semakin Populer, Raffi Ahmad dan Boedy JVS Hadirkan Inovasi yang Menggebrak di Industri

Pavita, salah satu tim kreator robot ini mengatakan, robot ini bekerja dengan bantuan detektor, kumparan kawat tembaga yang terdapat di wadah penampung sampah. Sampah yang terdeteksi kandungan metal akan secara otomatis di buang ke penampungan sampah metal, begitu pula sampah lain akan dibuang ke tempat yang sesuai kategorinya.

Robot pemilah sampah, Smartbin

Dukungan Sandiaga pada Edukasi Perfilman dan Karya Anak Bangsa

Pengerjaan robot ini, kata Pavita, tergolong singkat. Hanya butuh waktu satu bulan untuk merakit. Sejauh ini robot bikinan pelajar SMAN 3 Malang ini bisa mendeteksi dan menempatkan dengan tepat sampah berupa plastik, kertas, kaleng.

Saat ini robot milik Pavita dan kawan-kawan masih berupa purwarupa. Masih diperlukan banyak pengembangan lain seperti detektor untuk benda non-metal, Sebab sebelumnya kemampuan itu belum difungsikan saat robot ini dipamerkan. Namun, idenya cukup menarik bukan? (mus)

Peluncuran platform komik digital, comicone.id

Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

Comicone.id merupakan platform komik digital yang telah secara resmi diluncurkan pada Jumat, 1 Maret 2024. Kemenparekraf dukung penuh inovasi terbaru ini.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024