Komputer Jinjing

Metode Sentuh Baru pada Layar ThinkPad

VIVAnews - Lenovo menghadirkan cara baru bagi pengguna bisnis saat bekerja dengan komputer berteknologi layar multitouch. Khususnya dalam ThinkPad X200 Tablet PC portable dan laptop ThinkPad T400s yang ramping dan bertenaga.

Pada kedua komputer tersebut, Lenovo juga memperkenalkan SimpleTap, sebuah aplikasi  yang membuat pengalaman menggunakan layar multitouch menjadi sederhana.

“Kami melihat saat ini merupakan waktu yang tepat bagi layar multitouch dalam PC,” kata Sandy Lumy, Country Manager Commercial Business, Lenovo Indonesia, pada keterangan pers yang VIVAnews terima, 2 Oktober 2009.

Sandy menyebutkan, layar multitouch semakin luas dipakai dalam banyak peranti yang digunakan sehari-hari. Perbaikan teknologi layar sentuh juga terus berlanjut, termasuk integrasi teknologi sentuhan dalam sistem operasi Windows 7 yang akan diluncurkan.

“Kami juga meningkatkan pengalaman teknologi sentuhan dengan SimpleTap,” kata Sandy. “Dengan demikian, fungsi-fungsi berbasis hardware yang sering digunakan dapat dioperasikan dengan sentuhan dan menjadi lebih sederhana,” ucapnya.

Untuk menggunakan SimpleTap, pengguna hanya perlu melakukan dua ketukan (double tap) pada bagian layar manapun untuk meluncurkan aplikasinya.

Pada bawah permukaan layar akan terbuka grid yang terdiri dari tiles persegi yang transparan dan berwarna-warni yang diinspirasi oleh 15 Puzzle klasik. Dengan grid tersebut pengguna dalam memilih beberapa fungsi berbasis hardware termasuk menghidupkan dan mematikan radio wireless, ThinkLight, mikrofon, menggunakan kamera web, mematikan suara, mengatur volume atau ketajaman layar, mengunci layar atau mengeset PC ke mode sleep.

Untuk keluar dari SimpleTap, pengguna tinggal mengetuk 1 kali pada bagian layar manapun untuk menutup grid dan melanjutkan kerja. Seperti halnya interface quick access, SimpleTap memungkinkan pengguna untuk masuk, menjalankan satu fungsi dan keluar dengan cepat.

Didesain untuk dapat dikustomisasi dengan sangat mudah, setiap individu dapat membuat tiles sendiri-sendiri untuk meningkatkan produktivitas pribadi masing-masing.

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Misalnya, seorang profesional di bidang penjualan dapat menciptakan tile yang melucurkan presentasi penjualan dengan hanya mengetukkan jari. Seorang profesional di bidang kesehatan juga dapat membuat tile yang dapat menampilkan informasi medis pasien dengan cepat. Seorang konsumen dapat dengan cepat mengakses website favoritnya.

Pengguna dapat menyusun tile manapun yang mereka pilih hanya dengan manarik dan mengelompokkannya bersama-sama. Dirancang untuk asyik digunakan, tiles tersebut dapat disebarkan di sekeliling layar.

Gus Yahya Berkelakar soal Jabatan Menteri di Kabinet Selanjutnya: Jangan-jangan NU Semua
Viola Mananta dan Daniel Mananta

Tas Istri Daniel Mananta Dicopet di Mall, Dompet dan HP Raib

Kejadian nahas itu menimpa Viola saat ia bersama Daniel Mananta dan keluarga tengah makan di salah satu pusat perbelanjaan atau mall.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024